How to be an artist….in heaven?

Mau cerita dikit dong, jangan diabaikan ya, ini tentang seseorang yang tidak dikenal didunia, tapi sangat terkenal di langit. Tentang seorang yang hidup di zaman Rasulullah, tapi tak pernah bertemu dengan Rasulullah. Namanya Uwais Al-Qarny.

Singkatnya aja ya, jadi Uwais itu adalah seorang yang miskin dan tidak memiliki sanak saudara kecuali ibunya. Ibunya pun lumpuh, renta, dan buta. Uwais sepanjang hari sibuk mengurusi ibunya. Kemana-mana ia selalu menggendong ibunya.

Duh, jadi inget berita di tv beberapa minggu lalu. Ada sekeluarga yang tega ninggalin ibunya dipinggir jalan tol. Padahal orang kaya. Dunia emang kejam banget, dan bodoh. Berani-beraninya ngebuang orang yang udah ngebesarin dan ngedidik sampe besar. Gila gila gila parah abis emang.

Eh, back to Uwais……

Waktu itu, Rasulullah lagi hijrah ke Madinah. Uwais pengen banget ikut, iyalah soalnya merasa terpanggil sebagai orang Islam. Tapi ngeliat kondisi ibunya, kayanya gak mungkin bagi Uwais ninggalin ibunya sendirian dalam waktu yang lama. Akhirnya Uwais tetap tinggal. Nah, suatu ketika, karena niat yang sangat menggebu-gebu ingin bertemu Rasul, Uwais akhirnya minjem keledai ke seseorang untuk menjadi tunggangan karena Uwais bakal nyusul ke Madinah. Tapi cuma untuk ketemu Rasul aja, soalnya kalau di Madinahnya lama, ibunya kasian gak ada yang ngurus.

Eh, diperjalanan, si keledainya malah sakit. Jadi Uwais nggak nunggangin keledainya dan jalan ke madinah tanpa pake kendaraan apapun. Pas nyampe madinah, ternyata…………………………Rasulullahnya udah pergi. Broken heart gak sih udah cape-cape keluar kota, jalan kaki pula, tapi pas udah nyampe Rasulnya malah nggak ada. Tapi Uwais sih sabar aja, gak kaya kita hahaha. Akhirnya, Uwaispun pulang lagi, karena kalau nunggu lama-lama dia nggak tega sama ibunya yang sendirian.

Nahhhhh, setelah kejadian itu, Rasulullah SAW dapet wahyu, kalau ada seseorang bernama Uwais yang begitu besar perjuangannya untuk ke Madinah, yang sangat berbakti kepada ibunya. Semua doa-doa Uwais, menurut wahyu tersebut, akan terkabul. Uwais pun terkenal dilangit, dan sudah mendapat jaminan di akhirat. Rasul segera menyebarluaskan wahyu yang beliau terima. Berita itu membuat geger kaum muslimin. Karena keren aja gitu ada orang yang belum pernah ketemu Rasulullah tapi udah dijamin diakhiratnya, lagipula ia bukan orang yang dikenal dimasa itu.

Sejak itu, banyak umat Islam yang datang ke Yaman untuk mencari seseorang yang bernama Uwais, untuk meminta doa sekaligus melihat bagaimana keseharian orang yang sudah dijamin oleh Allah itu. Tapi Uwais yang rendah hati tidak ingin menonjolkan diri setelah mengetahui banyak orang yang nyari dia. Uwais malah sibuk berpindah tempat. Misalnya si A udah nemu rumah Uwais, lalu Uwais bercengkrama dan berdakwah sama si A lalu ia pergi lagi. Begitu seterusnya sampai pada akhir hayatnya pun tidak diketahui dimana ia meninggalnya.

Jadi, gak pernah ketemu Rasulullah seharusnya bukan menjadi alasan untuk hidup tidak sebaik sahabat yang ketemu Rasulullah.

Subhanallah yah, semoga semoga aku dan kamu wahai pembaca bisa menjadi seperti Uwais. Yang didunia tak dikenal siapapun tapi dilangit begitu terkenal karena amalannya yang keren.

Amiiiiiiin ya Rabbal alamiiiin.

hiks

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s