How to Make Your Beloved Parents Proud of You?

Rata-rata, semua teman dan bahkan mungkin hampir semua orang mungkin, bercita-cita ingin ngebanggain orang tua. Iyalah ya, siapa sih yang gak mau balas budi dengan kebaikan orang tua kita yang luar biasa besar dan tak terhitung lagi? Yah, meskipun pada akhirnya fakta menunjukkan bahwa banyak orang tua yang ditelantarkan anaknya di panti jompo.

Lalu gimana sih biar orang tua kita bangga?

Tapi, menurut aku, sekedar membuat orang tua bangga itu kurang worth it. Aku pernah membuat bangga orang tua dengan nilai yang baik (waktu jaman sekolah sih-_-). Pernah juga gara-gara menjuarai suatu lomba. Maaf banget nih bukannya sombong atau gimana. Itu artinya, bikin orang tua bangga seharusnya bukan jadi tujuan jangka panjang, itu harus selalu ada dalam target-target hidup yang akan kita lakukan, dalam setiap langkahnya, dalam setiap waktu, dan dalam setiap moment dalam hidup kita.

Iya, aku ngerti, yang dimaksud orang-orang pada umumnya, bikin orang tua bangga itu dengan kesuksesan mereka di masa depan. Jadi pengusaha kaya, jadi scientist, jadi dosen, dan memiliki profesi-profesi yang keren dan bisa dibilang berduit. Orang tua pasti akan bangga jika kita menjadi orang yang sukses dan kaya raya dimasa depan. Mana ada yang kecewa.

Bangga itu hanya sebuah perasaan.

Dan hanya memberi perasaan senang dan bangga pada orang tua menurutku kurang cukup. Hari ini saja, aku merasa pengorbanan orang tuaku sangat besar, padahal hanya sekedar membelikanku dua buah buku kuliah, namun harganya setengah juta. Aku berjanji tak akan membuat bantal-bantal buku-buku itu sia-sia. Aku ingin memberikan hal yang lebih dari pada sekedar rasa senang dan bangga.

Kembali ke topik, jadi apa sih yang harusnya kita berikan kepada orang tua?

eng ing eng……………………………………

Caranya

Yaitu

Jadi

anak

sholeh

dan

sholehah

yang

senantiasa

mendoakan

orangtua

kita.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Percayalah, daripada hanya membuat orang tua kita senang melihat kesuksesan kita, akan lebih baik jika kita membuat orang tua kita sukses didunia dan akhirat. 

Aamiin ya Robbal Alamin.

Semoga kita dan orang tua kita kembali berkumpul di surga-Nya.

Image

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s