Obrolan Senja

Jadilah sore itu, diselasar labtek biru, kami berpikir keras karena sebuah pertanyaan dari seorang kakak kelas kami. Kenapa kalian ada disini. Sebuah pertanyaan sederhana namun terlalu bodoh jika aku harus menjawab karena saya pengen jadi oseanografer. Aku yakin sebenarnya ada hal besar melebihi sekedar profesi.

Lalu, aku mencoba menjawab, karena takdir kan? Tapi sepertinya itu juga merupakan jawaban bodoh. Toh kita manusia sudah diberi banyak pilihan hidup. Semuanya tak bisa disalahkan kepada takdir. Yah, meskipun pada awalnya keberadaanku disini bukanlah keinginanku. (eh kenapa curhat)

Kemudian aku berpikir lagi. Aku mengingat-ingat perjalanan hidupku yang sepertinya selalu ditunjukkan olehNya kepada ‘sesuatu’ yang aku tidak akan tahu. Aku tidak tahu karena aku tak pernah merancang untuk menuntut ilmu dan berkecimpung dikehidupan di labtek biru ini. Aku mencoba menjawab lagi, Karena ini merupakan bagian dari hidup saya untuk menjadi sesuatu yang saya pun tidak tahu apa.

Lalu kakak kelasku mengangguk-angguk seperti berpikir. Nah, itu jawabannya, katanya, kita hidup untuk mencari jawaban untuk apa sebenarnya kita hidup. Kalau kita sudah tau jawabannya, pasti kita sudah mati.

Aku manggut-manggut setuju.

Tapi dalam konteks lain sih sudah jelas bahwa hidup kita itu untuk ibadah. Hanya saja secara spesifiknya seperti menjadi apa, manfaat atau tidak, bagaimana pengaruh kita terhadap orang lain–atau mungkin terhadap dunia, bahkan penting-atau tidaknya kita, itulah yang masih akan kita cari jawabannya.

Semoga, aku dan kamu–yang lagi baca–bisa menjadi orang-orang yang ibadah dan manfaat diakhir kehidupan masing-masing. Terlepas dari segala profesi; oseanografer, dokter, penulis, bahkan tukang sampah sekalipun. 

Leave a Reply

