Kamu Punya Qur’an?

Enam tahun yang lalu, dibalik bangku kotak berwarna cokelat, aku duduk manis memperhatikan seorang guru yang sedang bercerita didepan kelas. Beliau menceritakan tentang………..apa ya, lupa-.-

Tapi yang aku ingat, setelah itu ia bertanya kepada kami. Siapa yang punya Al-Qur’an? Tentu saja secara serentak kami mengangkat tangan. Lalu guruku itu menunjuk satu orang dan menanyakan dimana Qur’annya. Temanku mengeluarkan sebuah benda tebal dan ya, itu Qur’an. Guruku menggeleng dengan wajah yang sedikit kecewa. Itu sih mushaf Al-Qur’an. Itu mushafnya, bukan Qur’an.

Diskusi semakin ramai, banyak tanggapan dari teman-teman dikelas. Aku juga bingung dengan jawaban guruku itu. Kalau yang ini bukan Qur’an, lalu dimanakah Qur’an? Ah, aku punya ide. Aku lalu bertanya pada guruku, Inikah Qur’an? Tanyaku sambil membuka mushaf Al-Qur’an dan menunjukkan ayat-ayatnya. Sama aja, itu juga mushafnya. o-ow. Kelas mulai memanas karena bingung dan penasaran dengan maksud beliau.

Akhirnya setelah semua menyerah, ia berkata, Qur’an itu seharusnya ada disini. Beliau menunjuk ke dadanya. Kelas hening sebagai pertanda ingin mendengar penjelasan guru kami lebih lanjut.

“Yang kalian bilang Qur’an itu adalah mushafnya. Hanya tulisannya. Tulisan itu mudah dirobek, dibakar, dan mudah hilang. Tapi Al-Qur’an itu bukan sekedar tulisan. Qur’an adalah cerminan akhlak seseorang. Jadi, apakah kamu sudah punya Al-Qur’an didalam dirimu?” 

Guru kami kemudian tersenyum.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s