Broplems

“Masalah akan membuat kalian menemukan diri kalian sebenarnya,” Begitu kata salah seorang Danlap waktu Diksar dulu.

“Masalah adalah tangga menuju kedewasaan,” Kata salah seorang guru dibangku sekolah.

Kadang, saat kita melihat orang lain begitu kebingungan menghadapi masalahnya, kita hanya bisa terheran-heran, masalah gitu doang, kok dibikin repot? Atau, kalau aku pribadi sih, sering ngeliat temen yang galau banget gara-gara nilai. Padahal menurutku nilai dia cukup bagus. Aku hanya bisa geleng-geleng kepala. Kalau aku jadi dia, aku gak akan sedih, yang ada malah sujud syukur. Kataku dalam hati yang memang waktu itu dapet nilainya pas-pasan.

Saat kita memiliki masalahpun, banyak orang yang menganggapnya sepele. Aku pernah diberi amanah untuk menjual beberapa barang untuk suatu yayasan. Gimana cara ngejualnya? Pikirku. Barangnya bukan mahasiswa banget, mana ada yang mau beli. Dan beragam pikiran negatif lainnya. Tapi saat melihat salah seorang teman, ia cukup sukses dan berhasil menjualnya dalam jumlah besar. Bagi dia, masalah ini sepele.

Setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda. Kapasitas setiap orang berbeda-beda. Kemampuan dalam menghadapi masalahpun berbeda-beda. Jika bagiku masalah akademik tidak ‘berhasil’ membuatku nangis (bukan berarti nilaiku selalu bagus, seriusan), bagi orang lain mungkin mendapat nilai BC itu cukup menyedihkan (mungkin karena aku beranggapan luluspun alhamdulillah). Jika orang lain dengan mudah bergaul sana-sini, mungkin aku yang kesulitan menghadapi pergaulan.

Suatu masalah besar bagi seseorang, bisa jadi merupakan masalah sangat sepele bagi orang lain, begitupun sebaliknya. Aku menganggap masalah A itu besar, tapi jika yang mengalaminya adalah temanku, maka masalah itu akan cepat selesai–karena sepele baginya. Atau bagi temanku masalah B itu besar, bisa jadi di tanganku akan mudah terselesaikan.

Jadi berhentilah meremehkan orang lain. Ia sedang menghadapi masalah besar. Masalah besar yang bagimu kecil. Mungkin, inilah alasan kenapa manusia harus saling tolong menolong.

Leave a Reply

