Ampuni.

Kepada siapa lagi aku bisa memohon ampun kecuali pada-Nya. 

Aku ingin memohon ampun atas diri yang terlalu terbawa dunia. Terbawa pemikiran-pemikiran semacam; hidup sukses adalah kamu lulus, kerjaan mahal atau lanjut kuliah diluar, keluarga bahagia dan kaya, bayarin ortu dimasa tuanya, dan punya suami keren juga anak lucu. 

Saat pemikiranku sebatas itu saja, maka aku dengan mudah melakukan apapun demi nilai bagus (oh man, kayanya bagi beberapa mahasiswa udah ga jaman juga sih terlalu mendewakan nilai). Lalu jika pemikiranku kembali ke kalimat miring tadi, maka aku akan menempatkan akademik sebagai urutan nomor satu yang harus dicapai dalam hidup–melewatkan kebutuhan setelah mati. Ya, inilah yang sering aku lupakan. Bahwa setelah mati, aku pasti akan memiliki kebutuhan terhadap banyak hal. Kematian, bisa saja datang besok kan? Sementara kuliah, aku masih punya waktu 3-4 tahun lagi, kan?

D kehidupanku setelah mati pasti aku butuh teman; padahal temanku hanyalah amalan. Kalau aku membuat banyak amal buruk, maka temanku nanti akan buruk. Kebutuhan kedua adalah tempat; luas dan terang. Dimana cara mencarinya adalah dengan membaca dan mengamalkan Qur’an. Tapi sekarang, aku masih sering melewatkan banyak hari tanpa Qur’an dengan dalih sibuk kuliah. Dan kebutuhan terpenting dikehidupan setelah mati adalah keamanan. Aman dari berbagai siksa. Siksa yang bisa muncul karena kesalahan apapun; bahkan salah dalam istinja sekalipun. Konon, Rasulullah pernah mendengar seseorang sedang disiksa dalam kubur hanya karena ia tidak bersih dalam beristinja. :”””””( apalagi hal-hal lain yang sudah jelas dan tau bahwa itu adalah dosa.

Huft, sudahlah. Aku hanya ingin mengingatkan diri sendiri. Hidup itu bukan hanya kuliah dan mencari nilai demi mendapat pekerjaan kaya raya. Lebih dari itu, aku harus mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk kehidupan setelah mati.

Mungkin kau bisa mati setelah membaca ini, bisa juga besok. Bisa juga besoknya lagi. Siapa yang tahu?

 

Leave a Reply

