Cerita Kematian

Mungkin setiap orang pernah mengalami rasa takut yang amat sangat, takut kematian akan menyergapnya. Rasanya setiap hal disekelilingmu bisa menjadi penghantar kematian itu. Saat menyebrang, kau takut tertabrak. Saat berada pada pusat perbelanjaan, kau takut kalau-kalau beberapa detik lagi terjadi bom. Atau saat naik kendaraan, kau sangat takut jika kecelakaan tiba-tiba terjadi.Saat ingin tertidur, kau takut takan bisa bangun lagi. Takut ini rasa takut yang benar-benar luar biasa. Membuatmu ingin menangis karena diri yang belum sanggup mempertanggungjawabkan segala, dan tak bisa apa-apa. Seolah-olah kematian memang akan segera datang, tapi sambutan baik belum ada dalam diri. Atau hanya aku yang pernah merasakan itu?

Aku sering sekali berandai-andai kalau nanti sudah besar, aku ingin memiliki anak sulung perempuan, agar bisa jadi tempat cerita saat aku tua.
Aku ingin sekali kelak menjadi seorang penulis, sekaligus seorang oseanografer yang melanglang buana menyusuri segala lautan didunia, sekaligus menjadi seorang ibu yang menjadi pendidik anak-anaknya.

Tapi aku baru sadar, kalau aku tak pernah membayangkan kalau-kalau aku takan bisa mencapai itu semua. Kalau-kalau umurku sudah terlanjur habis sebelum sempat menjadi orang dewasa.

Hal terakhir tadi, terlalu menjadi hal yang terlupakan. Seperti halnya kita yang terlalu sibuk meraih bintang dan tak pernah sadar kalau ada bintang terdekat yang sering kita lupakan; matahari. Dan itulah kematian itu. Rasanya aku terlalu sibuk merajut bintang-bintang masa depan tanpa perduli kalau ada bintang yang (mungkin, tapi semoga tidak) lebih dekat; kematian.

Sedikit renungan, untuk air mata dimalam hari yang entah untuk apa. Mungkin untuk lelah mencari yang tak pasti. Mungkin untuk jiwa yang selalu tak tahu malu datang dan pergi seenaknya kepadaNya. :”(

Leave a Reply

