You’re Precious!

Aku baru tahu bahwa ternyata jaman dulu para filsuf Yunani sempat memperdebatkan apakah wanita itu memiliki jiwa atau tidak. Beberapa menganggap wanita adalah keturunan iblis. Bahkan kata Femina yang berasal dari feminus itu memiliki arti fem=iman dan minus=kurang. Artinya wanita dianggap sebagai makhluk yang imannya takkan pernah sempurna. (Eh para wanita yang baca jangan dulu sakit hati ya, mari lanjutkan bacanya.)

Tak berhenti dari situ, di zaman Rasulullah dulu, bahkan memiliki anak perempuan adalah aib yang sangat memalukan. Wanita bagi mereka hanyalah pemuas nafsu semata. Maka mengubur anak perempuan hidup-hidup adalah hal biasa saat itu.

Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dgn (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. An-Nahl:58

Rupanya belum berakhir juga. Di Indonesiapun wanita masih dipandang sebelah mata. Mereka tidak boleh sekolah, dan hidupnya tidak merdeka sama sekali.

Lalu apakah sekarang pelecehan terhadap wanita sudah selesai? Sepertinya sudah ya? Bukankah Kartini dan kawan-kawan sudah memperjuangkan hak-hak para wanita?

Sayangnya, ternyata hingga hari inipun wanita masih tetap tertindas. Hanya saja caranya lebih pintar. Yaitu dengan tertindas tanpa ada yang merasa tertindas.

Hari ini wanita ditindas dengan apa yang disebut emansipasi dan kecantikan. Semua menjunjung tinggi persamaan. Bukankah seharusnya laki-laki dan perempuan memiliki porsinya masing-masing? Lalu belum lagi para public figure yang mencontohkan cara berpakaian wanita yang sebenarnya tak tahu itu masih bisa disebut berpakaian atau tidak. Tak aneh jika sekarang banyak wanita yang berpakaian seenaknya dan menjadi tontonan gratis untuk kaum Adam.

Ah, janganlah jadi murahan. Tak kasihan pada Kartinimu yang sudah memperjuangkan hak-hak wanita?

Karena sekarang saatnya kita untuk lebih menghargai diri sendiri. Dont get the point? Ada part duanya deh someday hehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s