Hantu

Aku sedang berjalan diselasar, perlahan. Hari libur, katanya guru-guru sedang rapat. Aku melihat ada dua anak sedang duduk dipojok. Keduanya wanita. Sedang membuka buku-buku, sepertinya sedang belajar. Hebat sekali, liburan seperti ini malah menyempatkan belajar, pikirku.

Aku mendekati mereka dan duduk disamping seorang perempuan berbaju biru tua. Perempuan itu melepas kacamatanya saat aku duduk. Ia terlihat pusing, memegangi kepalanya beberapa kali. Lalu teman disebrangnya, yang berbaju cokelat, sedang menempelkan kepalanya keatas meja. Perempuan yang kedua bercerita bahwa ini hari pertamanya menstruasi, perutnya sakit hebat sekali. Aku mengamati mereka.

Sebut saja perempuan yang berbaju biru itu dengan sebutan P dan perempuan yang sedang sakit perut itu dengan sebutan Q.

Mereka, bergumul dalam kesakitannya masing-masing, sambil masih membahas tugas. Beberapa kali mereka memegangi kalkulator, menyebut beberapa angka, lalu menuliskannya dengan tulisan yang jelek. Pembahasan tugas tersebut diselingi obrolan-obrolan cukup menarik. Aku masih mengamati mereka. Dan mereka sama sekali tidak sadar. Terkadang Q menatap kearahku, tapi ia melihatku bagai melihat udara. Tak ada respon sama sekali.

Aku sekarang sedang ketakutan sekali. Kata si Q, sambil meringis memegangi punggungnya yang sakit. Si P yang sudah mulai kembali memakai kaca mata bertanya, Karena apa? lalu ia kembali menulis angka-angka dalam bukunya.

Pokoknya, aku takut. Takut. Q meringis lagi karena perutnya. Lalu ia meminum seteguk air. Aku duduk semakin rapat dengan P, agar bisa lebih jelas mendengar pembicaraan mereka lagi. P kemudian menoleh kearahku. Lagi-lagi ia seperti melihat udara. Tak ada respon apa-apa.

/tobecontinyu

Leave a Reply

