Pergi Atau Tidak

Waktu SD aku suka nonton serial full house. Kayaknya enak aja punya rumah besar yang temboknya kaca semua, lokasinya pas pinggir pantai banget, dan si ceweknya (lupa namanya) kerjaannya adalah jadi penulis novel. Terus dia nulis-nulisnya di sebuah meja deket jendela yang jendelanya madep ke pantai. Dia menulis sambil menatap deburan ombak, tenggelam dalam indahnya sunset atau sunrise, lalu ditemani secangkir kopi penghalau kantuk. hhhhh what a beautiful life.

Anggap saja aku ingin mengikuti cara hidup dia yang seperti itu. Anggap saja.

Anggaplah rumah dengan suasana laut itu sudah aku miliki; yaitu aku kuliah di oseanografi (anggap aja ya woy jangan protes)

Lalu tentang secangkir kopi, sepertinya aku sudah gagal karena perutku tak bisa bersahabat baik dengannya.

Kemudian tentang menjadi seorang penulis novel. Aku ingin jadi penulis. Liburan ini aku mencoba menjadi penulis yang konsisten dengan sebuah ide yang telah ada dikepalaku. Tapi hey, aku baru sadar, menjadi penulis itu bukan sesederhana membalikan telapak tangan (yaiyalah ya). Butuh waktu untuk menghidupkan karakter yang kita ciptakan, bagiku ini sulit sekali karena sejujurnya aku tidak bisa membuat karakter kecuali karakter aku sendiri atau teman-temanku yang disamarkan namanya. Lalu mengenai setting, anak rumahan yang forever bandung seperti aku tahu apa tentang tempat-tempat bagus?………………………(lalu jd sedih sendiri)

Selain itu, menjadi penulis haruslah memiliki kreativitas tinggi dan kepintaran sehingga dapat menyambungkan kejadian ini itu dengan kejadian lainnya yang tak terprediksi. Poin terakhir, menjadi penulis haruslah rajin dan konsisten. Kalau rajin nulis sih, yaa sepertinya aku bisa mengatasi itu. Tapi konsisten? Susah. Jika hari ini aku buat cerpen berjudul A, maka besok aku membuat yang B, besoknya lagi yang C, karena aku gak pernah tahan dengan suatu cerita yang bertopik sama dan digali terlalu dalam.

aaaaaaaaa sedih. susah banget dan sepertinya aku sudah hampir mengibarkan bendera putih, hiks. yaudah deh mau jadi oseanografer aja.

 

Leave a Reply

