Pertolongan Pertama

Seharian dari sahur sampe buka nge-tes orang tentang pertolongan pertama emang bikin enek setengah mati. Maka aku akan menggenapkan rasa itu dengan mengepos cara-cara pertolongan pertama:

Jadi, jika kamu suatu saat menemukan orang tergeletak tak berdaya, yang harus dilakukan pertama adalah cek tulang lehernya dengan menyamakan dengan tulang leher kita. Jika tulangnya sama, maka alhamdulillah, tapi jika beda (kecuali emang kelainan) atau patah, maka innalillahi 😦

Yang kedua, pastinya adalah evakuasi ke tempat yang memungkinkan dulu.

Terus, kita lakukan cek breathing dengan metode LDR namun bukanlah singkatan dari long distance relationship tapi Lihat, Dengar, Rasakan.

Jadi, kita buka mulut korban dengan menekan dagunya dan menekan dahinya, lalu pipi kita taruh dekat dengan mulut dan hidungnya. Lihat pergerakan dadanya, dengar suara-suara dalam mulutnya, dan rasakan hembusan nafas dari mulut atau hidungnya. LDR ini gunanya untuk mengecek apakah ia bernafas atau tidak.

Kalau ternyata ga bernafas, maka kita harus langsung cek sirkulasi / cek nadi. Lokasi untuk cek nadi bisa di pergelangan atau di leher, normalnya nadi akan terasa sebanyak 80-100 permenit. Cara menghitungnya adalah kita hitung berapa nadi selama 6 detik lalu dikalikan 10. Jikaaaa ternyata nggak ada nadi, maka kita harus suruh teman sebelah telpon ambulan dan kita lakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru).

RJP ini lakukan di sebelah kanan korban, posisi seperti ini:

lakukan penekanan di daerah tersebut dengan tumpuan kekuatan di telapak tangan yang dekat pergelangan. Tangan terkuat simpan diatas tangan terlemah. RJP ini butuh kekuatan yang tidak sedikit, harus bisa menekan dada hingga sedalam 3-5 cm (makanya harus rajin push up).

Lakukan sebanyak 30 kali (jika penolongnya hanya satu) dengan cara menghitungnya dengan ucapan: “satu ribu, (tekan), dua ribu, (tekan) dst”. Setelah 30, maka segera beri nafas buatan. Boleh menggunakan perantara koran atau buku dan beri nafas sekuat kita pada si korban. Dan inget, jangan sampai kita ambil nafas! karena itu artinya kita malah bikin sesek si korban!. Tapi, kalau penolongnya ada 2 orang, maka hitungan sampai 15 lalu beri nafas, tekan 15 lagi lalu beri nafas lagi.

(kalau ternyata tiba-tiba nadinya muncul)

cek LDR lagi. Jika masih gak ada nafas, maka kita lihat apakah dimulutnya ada sumbatan yang menghalangi jalur nafasnya atau engga. Caranya dengan angkat dagu tekan dahi seperti saat LDR. Kalau ada, maka ambil dan bersihkan. Kalau tidak ada, maka lakukan nafas buatan.

Nafas buatan ini gunanya selain membantu bernfas, juga mengecek apakah dadanya ikut bergerak atau tidak. Kalau tidak, maka mungkin penyumbat nafasnya ada di dada. Yang harus kita lakukan adalah miringkan kepala korban ke kanan/kiri dan buka mulutnya.

Setelah itu, kita RJN-kan dia. RJN adalah Resusitasi Jalur Nafas. Hampir sama dengan RJN tapi lokasi nya di diafragma dan penolong berada di atas paha korban. Caranya adalah dengan tekan dadanya ke atas agar penyumbatnya keluar.

Setelah itu, misalnya nih nafasnya udah ada dan penyumbatnya udah keluar, namun korban belum sadar juga, maka kita lakukan cek sekunder. Cek sekunder ini adalah mengecek seluruh tubuh korban kalau-kalau ada luka atau kelainan yang menyebabkan dia tak sadarkan diri. Dimulai dari dahi, ke kepala belakang, lalu wajah, dan terus sampai keseluruh tubuhnya.

Jika kita mendapati luka, maka bersihkan dan lakukan penanganan yang sesuai. Tapi jika ternyata tidak ada maka lakukan pertolongan penyadaran. Pertolongan penyadaran ini bisa dengan mencoba membuka mata korban, senter-i matanya, atau panggil namanya, cubit lengannya, tepuk-tepuk bahunya, dan bisa juga dengan wewangian.

Setelah korban sedikit sadar, maka buat si korban berada di posisi recovery

Setelah korban agak tenang, maka lakukan cek KOMPAK yakni tanya mengenai keluhan, obat yang sering digunakan, makanan yang terakhir dimakan, penyakit, alergi, dan kronologis!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s