Aib

Berhubungan dengan tulisan sebelumnya mengenai pencitraan, janganlah lupa kalau sebenarnya sekarang kehidupan kita memang sedang disadap dan direkam, seluruh perikehidupan kita. Bahkan sejelek-jelek aib, tak akan bisa kita tutupi saking canggihnya si penyadap tersebut. Ya, malaikat Rakib dan Atid sama sekali tidak pernah luput menuliskan aib dan tingkah kita. Apa-apa yang disembunyikan dalam hati bahkan pasti diketahui oleh Pemilik Jiwa ini.

Sempat sedikit kesal dengan rumor bahwa facebook merekam semua pergerakan kita di dunia maya. Ah, mungkin sekarang siapapun sudah bisa melakukan hal itu saking canggihnya teknologi kini. Sejujurnya aku sempat berpikir bagaimana kalau nanti mereka membuka aib kita? Membeberkan apa-apa yang sering kita lakukan di dunia maya? Melacak keberadaan kita, kebiasaan, dan hal privasi lainnya? 

Tersadar kemudian, bahwa memang akan ada saatnya sluruh aib manusia–(kecuali yang beriman dan itu semoga kita)– dibongkar. Di akhirat nanti. Bahkan aku pernah dengar bahwa saking malunya karena aibnya dipertontonkan kepada seluruh manusia, seseorang bisa meleleh, benar-benar meleleh. 

Bahkan akupun kadang saking merasa rendahnya dimata orang lain karena kebodohan diri, sering merasa ingin menghilang saja. Lalu nanti, seluruh aib akan dibongkar, didepan semua manusia–keluarga, teman, kecengan (ups), bahkan orang yang tidak dikenal. Tidak bisa terbayangkan seberapa kuatnya “rasa ingin hilang saja” dalam diri.

nobody’s perfect, they said. Tapi bukan berarti segala hal jadi bisa dimaklumkan. Sekarang kita hanya bisa mengusahakan yang terbaik untuk kehidupan abadi kelak dengan amalan-amalan dan manfaat bagi orang banyak. Semoga Allah SWT menutupi aib kita hingga hari kiamat kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s