Doraemon

Sejak aku masih kelas 2 SD hingga entah kapan, hal yang paling membuatku bahagia adalah sebuah hal yang cukup sederhana: Ke Gramedia dan beli komik Doraemon.

Seusai mendapatkan komik Doraemon, aku sesegera mungkin membuka sampulnya, dan mulai membaca di mobil saat perjalanan pulang. Padahal, komik tersebut biasanya habis sebelum malam hari. Lalu aku ulang lagi, ulang lagi dan tidak bosan sama sekali. Aku tidak pernah bisa tidur jika sebelumnya aku tidak baca, mungkin itu sebab utama kenapa hari ini aku menjadi satu-satunya orang dirumah yang miopi. Ya, itu, karena selalu membaca sambil tidur–tiap malam selama bertahun-tahun.

Sampai hari ini aku masih ingat halaman mana yang membuatku ikut sedih, dan halaman mana yang aku tertawa sampai keluar air mata. Saat cerita tentang Nobita menemukan buku tentang hari kiamat dan ternyata semua tanda-tandanya benar terjadi, itu adalah part yang paling menyedihkan bagiku saat itu.

Ada juga buku yang paling sering aku baca berulang-ulang. Yaitu saat mereka berpetualang di Arabian Night. Kuyakin kalian pasti sudah menontonnya. Ada juga yang membuatku tergelak, tapi padahal itu tidak lucu. Yaitu saat nobita melihat dirinya waktu bayi dan ia bilang, “kok aku seperti monyet yaa”.

Doraemon juga merupakan langkah awal dari hobiku yang dahulu (ingat, dahulu) yaitu membaca. Setelah aku menyukai doraemon, aku menjadi suka buku lain. Seperti buku Enid Blyton, dan novel-novel kecil. Dulu, aku tak pernah menyisakan satu bukupun dirak yang tidak dibaca. Setiap ke Gramedia, aku merasa excited yang sangaaat dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Hingga akhirnya hari ini semuanya menguap. Aku tidak mau menyalahkan kuliah atau sok-sibuk-ku yang lain.

Aku jadi malas dan sama-sekali tidak antusias saat ke toko buku. Hanya penulis yang aku sukai saja yang aku baca bukunya; itu pun tidak akan langsung habis sehari.

Ah aku jadi rindu Doraemon yang bisa membuatku rajin baca buku (exception: buku pelajaran)–meski rajinnya tidak penting.

Leave a Reply

