Little Things

Aku punya sebuah permainan!

Jadi begini, siapkan dulu selembar kertas dan sebongkah pulpen

Terus buat dua kolom

Kolom pertama (paling kiri) isi dengan hal-hal primer dalam hidup. Contohnya: Sholat, keuangan, akademik, silaturahmi,organisasi, ibadah sunnah, dll

Udah gitu kolom kedua, isi dengan perubahan kecil (atau sangaaat kecil) mengenai hal-hal primer tadi. Misal nih ya, disamping kolom sholat, isi dengan: “sholatnya pake tumaninah” (untuk yang solatnya udah 5 waktu tapi kecepetan), atau “sholatnya tepat waktu”, atau untuk yang suka bolong-bolong tulis aja “sholat ga pernah bolong”.

Lalu untuk kolom keuangan, misalnya untuk yang gak pernah nabung, tulislah “sehari nabung 2000, makan minimal yang 15ribu dan sisihkan 1000 tiap hari untuk infaq” atau “puasa tiap senin kamis, buka puasanya harus dirumah biar irit, nabung 5000 perhari dan infaq 20ribu perminggu” yaa ini mah contoh aja sih, turuti aja apa hati kamu dan kebutuhan kamu.

Terus misal untuk kolom akademik, tulis aja: “nyatet semua pertemuan” atau “duduk di depan terus biar konsen” atau kalau aku sih yah “catetnya pake warna-warni biar gampang inget” yaa ini mah contoh aja sih, turuti aja apa hati kamu dan kebutuhan kamu.

Yang ketiga kolom silaturahmi, tulis aja: “ngewaro grup line temen lama” atau “mencoba dateng ke sekre yang sudah ditinggalkan” atau “berkunjung ke rumah sepupu” atau bagi anak kosan “telepon ortu sehari minimal sekali” yaa ini mah contoh aja sih, turuti aja apa hati kamu dan kebutuhan kamu.

Selanjutnya untuk kolom ibadah sunnah, misal bagi yang sunnahnya masih nol, tulis aja “minimal seminggu ada sekali solat rawatib” atau “sebulan tiga kali solat malem” yaaa pokonya tulis aja yang ringan-ringan dan masih terjangkau dan tidak begitu memberatkan.

Tulisan di kolom kirinya jangan banyak-banyak juga sih bisi capek. Nah, udah gitu, inti permainan ini adalah tulis nama bulan diatas kolom tadi. Contoh : Juni.

Lalu laksanakanlah hal-hal di kolom kanan semuanya selama bulan Juni ini. Jadi yang harus dilakukan dibulan juni adalah : (contoh) sholat pake tumaninah, nabung 2000perhari, ga tidur pas pelajaran, nelpon ortu sering, solat malam sebulan tiga kali.

Lalu jika bulan Juni sudah berganti, tulis lagilah hal yang sama namun dengan pencapaian yang berbeda.

Jika kamu berhasil, maka belajarlah menghargai diri sendiri yaitu dengan membiarkan hedon misalnya, atau membiarkan nonton, atau ga ada hadiah sama sekali juga gapapa sih suka-suka aja.

Enjoy!

Maafin kalau so asik hahahahahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s