Selamat

Sebenarnya dari kisah sejarah tentang Idul Adha ini ada pelajaran banget.

Tentang nabi Ibrahim dan Ismail……….(terus pada langsung diclose tab nya).

Pelajaran utama dari pergaulan waktu aku masih masa SMA adalah “cara untuk memahami orang adalah dengan ngebayangin kita ada di posisi orang itu” (source: nida nain dila dkk). Quotes tersebut masih membekas banget di relung hati terdalam ini.

Maka, mari kembali kepada nabi Ibrahim. Bayangin kalau kamu adalah seorang ayah. Lalu disuruh untuk berpisah sama istri yang baru melahirkan (siti hajar baru melahirkan ismail). Sedih pisan kan ya. Yang ada, kalau punya anak kan pengennya dirawat bareng, dicoco-o, disayang-sayang, dan ga mau jauh-jauh. Tapi nabi Ibrahim lebih taat sama Allah untuk ngerelain istri dan anaknya pergi.

Lalu sekian tahun kemudian, istrimu dan anak yang sekarang udah besar pulang. Kangen banget ga? Seneng banget ga? Bahagia banget ga kaya naik ayunan waktu tk dan dilempar kenceng-kenceng sampe dada excited banget? Iya kan ya. Tapi ternyata……………………ada perintah untuk meng-kurbankan anakmu itu. Anak sendiri, disuruh disembelih. Bayangin seberat apakah keputusan untuk memilih merelakan Ismail-yang baru ketemu setelah sekian tahun pisan–untuk dikurbankan. Wah kalau aku sih bakal mikir berkali-kali atau bahkan langsung memutuskan untuk ga akan melakukannya.

Tapi beginilah cinta manusia diuji. Apakah ia lebih cinta pada Penciptanya atau kepada manusia? Toh pada akhirnya, saat Ibrahim lebih memilih cinta Allah, ia tetap mendapatkan Ismail tanpa dikurbankan sedikitpun kan? Bahkan ia mendapat nikmat yang lebih banyak daripada itu.

Manusia, jangan lagi meniadakan yang mengadakan.

Kecuali kamu memang sangat kuat, bisa hidup dan mati sendiri,  bisa bikin oksigen sendiri, bisa hidup di bumi punya sendiri, dan badan bikinan sendiri. Selamat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s