Bullying

Am I the one here who can’t help seeing any kind of bullying?

Jadi hari ini aku merasa kalau disetiap jaman dan disetiap tempat bisa saja selalu ada praktek buli-membuli. Sewaktu aku masih berada di sekolah dasar, aku memiliki seorang teman yang selalu dibully. Mungkin disekolahmu juga, atau bahkan mungkin kamu adalah korbannya atau malah yang suka membullynya? Terserah. Temanku itu saking kesalnya pada teman-teman lainnya, ia menulis dan meneriakkan; “kalau aku mati, aku sumpah bakal menghantui kalian semua”, sambil menangis dan mengepalkan tangannya. Aku masih sangat ingat bagaimana ekspresinya saat itu. Yah, anak kecil sih, tapi serem juga.

Atau hari ini, di sebuah sekolah dasar di jaman yang berbeda, ternyata buli-membuli itu masih ada. Pada dasarnya, orang yang dibully itu adalah orang yang ‘menyebalkan’. Tapi tidak sepatutnya diperlakukan dengan dijauhi, tidak ditemani, bahkan tadi itu–digelutan.

Aku bukan mau cerita disini sebagai sok-sok psikolog atau gimana, tapi rasanya kalau dibullynya sejak kecil takutnya akan menumbuhkan psikologi yang jelek dimasa depannya. Bahkan psikologis jelek bisa jadi akan tumbuh seiring seringnya dibully. Iya enggak para sikolog?? (wqwq) Hal kayak gitu bisa jadi menimbulkan dendam dan kesal yang jika meledak akan parah–dan aku tak mau bercerita bagaimana tadi kasusnya.

Bahkan di dunia ‘dewasa’ sekarang ini, secara tidak langsung aku masih suka heran, kenapa sih selalu ada orang yang diperlakukan ‘berbeda’, may I say that it was a kind of bullying? Karena aku merasa kesendirian itu menyebalkan dan membuat ingin muntah–meskipun mereka tidak lagi seperti anak kecil yang maenannya gelut dengan senjata ‘tajam’. Unless you’re perfect, mendingan diem aja dan mencoba berteman dengan semua orang meskipun menyebalkan. Kalau dibilang munafik karena berteman dengan orang yang tidak disukai, lalu berarti seumur hidupku aku adalah orang munafik karena aku benci diri sendiri tapi tetap mencoba berteman dengannya. (eh apaan jadi oot).

Hari ini menyedihkan. Semoga sukses dan mendapat teman banyak di masa depan, Kew!

Leave a Reply

