Space

Sejenak, marilah tinggalkan kehidupan duniawi semester lima ini yang terlalu sesak dan tak pernah memberi spasi.

Kalau aku bercerita tentang kelelahan dan rasa mau mati disemester ini,  kamu juga akan lelah membacanya, karena kamu pasti lelah juga dengan urusanmu sendiri. Kalau aku mengeluh, maka aku akan jadi orang paling menyebalkan. Jadi biarlah aku tenggelam dalam penat ini. Kamupun, nikmatilah saja lelahmu.

Aku cuma ingin cerita tentang kepasrahan. Bahwa yang paling indah diantara deadline akademik dan nonakademik bukanlah nilai atau penghargaan manusia. Tapi kepasrahan. Kalau aku menyebutnya dengan ‘tawakal’, aku tak yakin ada orang yang baca tulisan ini hingga akhir.

Pasrah muncul setelah aku merasa seluruh dunia tidak pernah adil. Pasti kamu juga selalu merasa begitu, bukan? Saat usahamu sudah maksimal sampai berdarah-darah tapi semua orang rasanya——-melihatmu seperti hantu yang tidak bekerja apa-apa. Atau justru mebiarkanmu memikul beban itu sendirian. (eh tapi sumpah temen2 aku sih ga pernah biarin aku susah sendiri seperti minggu lalu, pokonya lovyou somuch buat wanita baruna yang bantuin segala hal sampe terharu pengen nangis *curhat dikit*). Mungkin kamu juga rasanya ingin hilang saja karena terlalu lelah dan lelahmu tidak ada hasilnya.

Setelah rasa itu menyerang, janganlah mencoba bunuh diri atau kabur. Besarkan hati, tarik nafas sejenak, dan yakinkan diri bahwa Allah menyimpan semua lelah kita. Kalau lelah tak terbayar sekarang, mungkin itu sengaja disimpanNya untuk menyelamatkan di kehidupan selanjutnya. Jangan, jangan hanya mengazamkan dalam hati. Tapi sekali-kali turunkanlah ego, dan angkat kedua tangan untuk bicara langsung denganNya dan minta agar lelahmu disimpan dulu.

Satu hal lagi, kalau mencari penghargaan dari manusia, itu hanya akan membuatmu semakin lelah.

 

Leave a Reply

