#NotInMyName

“Je Suis Charlie.”

Merupakan kalimat yang didegungkan dimana-mana sebagai suatu bentuk dukungan terhadap Charlie Hebdo yang kemarin diserang oleh –what they called by– terrorist.

7 Januari kemarin, kantor Charlie Hebdo diserang oleh ‘teroris’ sehingga terdapat 12 korban meninggal terbunuh, 4 dari mereka adalah kartunis. Alasannya ternyata diketahui setelah para teroris itu selesai melakukan pembunuhan. Mereka berteriak “We have avenged The Prophet Muhammad” lalu, “Allahu Akbar”. Hal ini disebabkan Charlie Hebdo ini telah banyak mengkartunkan Nabi Muhammad (dan pelecehan terhadapnya).

Sebagai seorang muslim, tentu sedih mendengar adanya pembunuhan yang mengatasnamakan agama dan nabi yang selalu kami agungkan. Mau dengar sedikit cerita tentang Rasul yang dulu selalu dihina oleh nenek buta Yahudi?

Setiap hari, selalu ada nenek buta di pinggir jalan (pengemis) yang selalu mencela nabi Muhammad setiap paginya. Hingga suatu hari, nabi Muhammad wafat. Abu Bakar kemudian bertanya pada Aisyah RA, “Apa yang biasanya Rasul lakukan namun belum aku lakukan?” kemudian Aisyah menjawab, “Rasulullah selalu memberi makan nenek tua di pinggir jalan itu, ia selalu menyuapinya”. Abu bakar heran karena nenek tua itu adalah orang yang paling rajin mencela nabi. Abu bakar kemudian melakukan hal yang sama seperti Nabi; menyuapi nenek itu. Tapi nenek itu malah berteriak,

“Kamu bukan orang yang biasa menyuapiku! Ia biasanya melembutkan dulu makanan yang akan ia suapi padaku! Mana orang yang biasanya menyuapiku?”

Abu bakar menjawab, “Beliau sudah wafat. Beliau adalah Nabi Muhammad SAW yang selalu engkau cela”. Nenek itu pun menangis, terharu.

Untuk orang yang menyetujui pembunuhan atas nama agama dan nabi, bisa beri aku suatu contoh dari Rasul yang mengajarkan bahwa hal itu diperbolehkan? Mereka bilang mereka telah ‘membalaskan’ Nabi Muhammad? Ah, kurasa tidak. Mereka justru ‘melecehkan’ nabi Muhammad dengan cara membunuh atas nama beliau. Lihat saja respon dari seluruh dunia. Kini mereka kembali mengatakan Islam adalah kekerasan, identik dengan pembunuhan, kejahatan, dan hal-hal sejenis. Jauh dari Islam yang sebenarnya.

Masih ingat sejarah bahwa Yerussalem pernah menjadi kota 3 agama dengan kepemimpinan Islam–dan hanya dengan kepemimpinan Islam? Sebelum Islam datang ke Yerussalem, tempat itu pernah ‘haram’ untuk Yahudi selama bertahun-tahun, dan pernah juga kaum Nasrani dibantai oleh Yahudi setelahnya (saat Yahudi sempat berkuasa). (source: ensiklopedi kota Islam) Mereka dimasa itu benar-benar telah melaksanakan Islam sehingga kedamaian bisa tercipta.

Sebagai muslim, hal yang harusnya kita lakukan adalah menunjukkan Islam itu seperti apa–dengan melaksanakan aturanNya dan bukan didasarkan hawa nafsu semata. Bukan dengan cara menyuruh mereka mempelajari Islam agar berhenti melecehkan Islam. Bukan juga dengan membunuh jiwa-jiwa yang bertentangan dengan Islam.

Selain itu, dari tragedi “Charlie Hebdo” ini, akhirnya aku mengerti beberapa hal:

1. Dunia tidak adil dalam memandang Islam. Saat ada kejahatan atas nama Islam, berita ini menyebar sangat cepat dalam satu hari. Sementara berita mengenai kejahatan yang korbannya adalah ummat Islam sangat sulit didapatkan (misal: Palestin, Suriah, dll)

2. Dunia cepat sekali mendengungkan “Je Suis Charlie” namun menutup telinga untuk pembantaian ribuan muslim.

3. Semua orang yang saat membunuh teriak “Allahu akbar” dinamain dengan “Terrorist”

ah sedih

Ohya, tulisan ini bukan berarti juga aku pro dengan apa yang dilakukan oleh Charlie Hebdo yang menyelewengkan nabi Muhammad SAW. Mau bilang itu adalah seni, kebebasan, atau apalah, aku tak peduli karena mereka mungkin tidak mengerti bagaimana mulianya kedudukan Nabi Muhammad SAW bagi kami.

bisi mau baca: http://www.huffingtonpost.com/2015/01/07/muslims-respond-charlie-hebdo_n_6429710.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s