Pergilah Wahai Mimpi-Mimpi Fana

Draft tanggal 12 Juni 2014

Waktu smp aku selalu diajarkan oleh setiap guru, bukan hanya guru agama–bahkan guru ips, guru ipa, guru tik–bahwa orientasi hidup itu harus ditujukan kehidupan yang abadi.

Kemudian setelah aku melihat dunia, semua manusia malah mencoba meruntuhkan kalimat tersebut. Semua orang begitu ambisius dengan mimpinya masing-masing–namun mimpi yang orientasinya dunia. Aku sempat malu saat SMA, disaat semua orang meneriakkan mimpinya masing-masing dan aku hanya terdiam. Aku jadi apapun mau, asal selamat. Inginnya sih aku bilang begitu, tapi apa daya. Aku merasa takut dan lemah akan ‘mimpiku’ saat berada dilingkungan yang sangat akademis.

Pikirku saat itu, why dont we focus on one thing. Yaitu bagaimana agar selamat sampai akhir nanti. Tapi untuk mencapai itu, bagaimana? dengan ‘sarana’ apa aku berjalan menuju itu? jadi dokterkah? guru? jadi anak teknik kah?

Jadi, sekarang aku sudah punya mimpi yang tidak terlalu fana:

jadi oseanografer dan atau jadi dosen dan atau jadi penulis dimana ketiga profesi tersebut akan menghantarkan aku menuju cita-citaku yang sebenarnya. Dengan jadi dosen dan penulis aku ingin bermanfaat untuk seluruh manusia dengan ilmu yang (semoga) terus mengalir dikalangan manusia.

–dan oh, tentu saja aku juga harus jadi anak solehah bagi kedua orang tua agar aku bisa menyelamatkan mereka dikehidupan selanjutnya.

Kalaupun nanti aku berakhir hanya jadi ibu rt saja, tak apa (asal suaminya kaya). semoga itu bisa jadi sarana juga untuk menghasilkan generasi islami yang meneruskan perjuangan Rasul.

 

Bermimpilah untuk akhirat, maka kau akan menggenggam dunia.

 

Leave a Reply

