Endless

Sepertinya penghuni TPU Sirnaraga semakin bertambah di tahun ini. Banyak spot yang dulu kulihat kosong sekarang sudah bernisan, dan bertuliskan ‘Wafat:….2015’.

Aku pernah bertanya-tanya, nanti kalau udah penuh gimana? Dulu, seseorang menjawab, aku lupa siapa. ‘Ya makam yang udah lama dan keluarganya ngga bayar buat diurusin bakal ditempatin sama penghuni baru’ …….Aku kaget, menyadari se ngga berharganya itukah manusia. Sekali ga bayar, udah deh goodbye dan dilupakan. Tapi dipikir-pikir, memang waktu benar-benar akan melumatkan manusia beserta kenangannya (re:nisan).

Bayangin aja kalau makam manusia dari jaman nabi adam masih ada, pasti kita udah tinggal di mars karena bumi udah penuh dengan makam-makam. Tanah kita injakpun mungkin akumulasi dari mayat-mayat entah tahun dan zaman apa. Itulah, kenapa jadi manusia jangan sombong. Karena akan berakhir menjadi ketiadaan. Kecuali kalau memiliki amal jariah dan bermanfaat bagi orang lain.

Tadi ada salah satu makam masih basah, yang disampingnya terdapat sebuah gitar-gitaran unik, bertuliskan: ‘We Love You’ dan beberapa tulisan lain yang tak sempat kubaca. Terlihat bahwa penghuninya masih muda dan memiliki teman-teman yang sangat sayang padanya. Pernah juga aku ga sengaja baca surat cinta dari seorang cewe ke pacarnya yang di makamin di dekat makam nenek. Aku lupa redaksinya kaya gimana, tapi itu sangat menyentuh hati dan sweet plus sedih banget:(

Semoga muslimin&muslimah yang ada di alam barzakh diberikan di tempat terbaik disisiNya.

1 Ramadhan

20150618-023640 PM.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s