Meraba Posisi Tuhan (dalam hatimu)

Kukira berhala itu patung. Ternyata banyak. Banyak yang bisa jadi berhala selama ia menempati tempat Tuhan dihatimu. Siapa yang tertinggi dihatimu maka ialah berhala itu. Namun jika Tuhan ditempatkan nomor 1 dihatimu, maka kau tidak punya berhala.

Itu hal yang aku tangkap dari guru-guru masa kecilku.

Kau bilang hubungan tuhan dan manusia hanya lewat hati saja. Tak perlu diumbar-umbar–kalau iya maka kau sombong. Tak perlu ajaran agama disebar-sebar toh diri sendiripun belum benar. Tak perlu direfleksikan dalam pakaian, karena tuhan maha mengerti. Diam saja. Biar manusia dan tuhan bicara dari hati ke hati.

Aku paling tidak mengerti dengan pernyataan-pernyataan tersebut. Jika hubunganmu dengan tuhan hanya dalam hati saja, maka itu bagaikan seseorang yang memendam cinta. Bisa gila.

Tapi tak mungkin sih. Tak mungkin orang yang menempatkan Tuhan sebagai tuhan dalam hati nya ‘hanya’ berhubungan lewat hati saja. Kecuali kalau kau manusia yang gombal. Karena bahkan saat kau memendam cinta pada sesama pun kau akan menuliskannya; atau cerita pada teman dekat; atau stalking medsosnya; atau memperhatikannya saja. Bukan hanya mengatakan dalam hati ‘aku cinta’ lalu sudah; tidak memperhatikannya lagi. Kalau begitu caranya menaruh tuhan dalam hati, maka siapapun bisa menempatinya–bukan hanya Tuhan itu sendiri. Namun kau akan kelimpungan di alam barzakh saat Munkar Nakir bertanya “Mann Rabbuka?”

Dan lagi, mengapa selalu berharap Tuhan mau mengerti kondisi kita disaat kita tidak sama sekali melirik dan mencoba memahami FirmanNya?

Aku juga pernah mengalami masa dimana, “aku ingin senang-senang. Kondisiku sedang buruk. Ia pasti mengerti” tapi aku sadar itu hanya bisikan setan saja. Kondisi buruk yang menimpa kita diciptakan bukan untuk menjadi excuse. Tapi jadi pijakan tangga agar kita menjadi lebih tinggi. Asalkan tetap berjalan menujuNya

Wassalam!
Kalo ada salah maka salah aku dan kebenaran hanya milik Allah SWT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s