Perjalanan Pulang

Sebenarnya, kalau boleh jujur, ada hal yang paling menakutkan dalam menjalani kehidupan ini. Yaitu bagaimana caranya agar kita dapat berinteraksi baik dengan manusia lainnya. Aku cuma ingin bilang omong kosong bagi orang yang alim tapi hubungan dengan manusianya buruk. Seperti bagaimana Islam yang digambarkan dalam film-film barat; terkesan menyucikan diri sendiri tapi evil banget terhadap orang lain. Enggak, Allah SWT ga pernah menyuruh kita kaya gitu. Entah deh agama apa yang mereka berusaha gambarkan, tapi jelas itu bukan Islam.

Bahkan sebenarnya amalan-amalan kita yang “langsung” untuk Allah SWT hanyalah sholat dan puasa (cmiiw). Selain itu, seperti infaq, sedekah, dakwah, zakat, idul adha, dan lainnya merupakan amalan yang membutuhkan bantuan manusia lain dalam mencapainya dimana orang lain akan mendapat kebaikan dari amalan tersebut.

Sering sekali dalam Al-Qur’an Allah berfirman bahwa Ia akan bersedia mengampuni dosa-dosa kita sebeesssssssssssar apapun selama kita mau bertaubat. Tapi jika kita punya dosa sekecil biji zarrah kepada manusia? Allah hanya akan memaafkan selama orang yang disakiti sudah memaafkan pula. Hayoh hitung udah segimana banyaknya manusia yang harusnya kita minta maaf padanya…

Ghibah contohnya. Kita tidak akan berhasil suci dari dosa ghibah selama kita belum pernah minta maaf terhadap orang yang di-ghibahi. Atau hutang. Seberapa kecilnya utang, kalau belum dibayar, maka akan terus menjadi penghalang kita sampai di akhirat kelak. Atau juga kisah mengenai perbandingan antara orang yang terus menerus sholat dengan orang yang selalu mengantarkan makanan untuk orang sholat. Siapa yang lebih beruntung diantara mereka? Yaitu orang yang mengantar makanan untuk orang sholat. Karena selain mengingat Allah, ia juga telah menolong sesamanya.

Aku jadi merasa takut sekali dengan obrolan kita mengenai ini; ya, malam ini aku dan seorang teman seni rupa bicara banyak hal mengenai banyak. Salah satunya ini. Aku merasa nol besar dalam menjalin hubungan baik dengan manusia. Maaf  😦

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s