Ditungguin

Dulu, pertama kali masuk kampus ini, aku dan maba lainnya dibilangin terus menerus kalau jadi mahasiswa tuh ga segampang kuliah doang, harus bertanggung jawab sama rakyat, dll pokonya yang berat2 sampe aku akhirnya cuman ngemasukin perkataan-perkataan itu ke kuping kanan lalu keluar lagi dari kuping kanan. Karena aku dulu mikirnya, “ah elah emang dia yang ngomong udah pernah ngapain aja?” Ya begitulah, namanya pikiran emang kadang negatif kadang positif.

Tapi mirisnya, aku baru sadar perkataan dan doktrin-doktrin OSKM itu benar disaat aku sudah mau TA. Ceritanya akibat takut ketinggalan kereta dari gambir ke bandung, aku naik taxi dari ancol ke gambir (plus karena ga ngerti jakarta). Saat itu, kan ngobrol ngalor ngidul gitu sama pak supirnya. Dia akhirnya bilang, “Dengerin ya mbak, kita mah udah ga percaya lagi sama demo-demo. Soalnya itu pasti demo bayaran. Yang kita percaya cuma demo yang dari mahasiswa ITB, UI, dan UGM. Udah tiga itu doang. Sisanya ga percaya.” lalu hening……..”iya gitu?”……”Eh serius! *dia cerita ada buktinya, yaitu tentang kerusuhan tahun 97-98*”
terus gini, “kita bakal ngerasa aman kalau mahasiswa ga demo. Kalau mahasiswa demo, apalagi mahasiswa ITB, udah deh. Pasti ada yang ga bener di pemerintahan. Itu sih sebenernya kenapa jaman sekarang masih dibilang aman dan ga perlu ada yang diperbaiki, karena mahasiswa ITB belum turun.”

Ahmaygad, dari obrolan tersebut aku bener-bener tersentuh dan tersadarkan kalau kita-khususnya mahasiswa ITB– masih diharapkan orang banyak. Tapi kita terlalu menutup telinga dan pada pengen lulus cepet. Huft, aku juga sih. Serba salah emang perkonspirasian sistem akademik dan kemahasiswaan jaman ini (malah nyalahin).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s