22

Mengobrol dan menulis adalah cara untuk merapikan dan menata ide-ide atau emosi yang ada dikepala kita. Lalu ijinkan aku untuk merapikan apa yang sedang berantakan dikepalaku saat ini. Ga penting sih, tapi suka-suka lah.

Memang sepertinya tingkat akhir adalah masa-masa yang bagaikan buah simalakama. Kalau dibilang pengen lulus cepet, ya pengen. Pengennya karena biar bareng temen-temen dan juga biar ga bimbingan lagi. Lalu ya, banyak lah alasan lain, misalnya biar ga bayar kuliah lagi, biar cepet bisa ngelakuin hal lain entah kuliah lagi atau kerja, dll. Tapi ada sisi lain ada hal-hal yang bikin males lulus. Pertama, karena ga pasti dunia apa yang akan dihadapi setelah lulus. Kedua, karena ngerasa masih ga bisa apa-apa. Ketiga, karena masih pengen ngampus. Keempat, biar renang di saraga tetep bayar 5ribu.

Ga jarang sekarang kalau aku menghirup udara di kampus tuh pake banyak mikir. Semacam, ya ampun, apakah aku masih punya waktu banyak buat menghirup udara dikampus ini dan merasakan segala atmosfernya lagi? Entah atmosfer kuliah atau atmosfer bersama teman-teman.

Bukan berarti pede mau cepet lulus, tapi lulus adalah sebuah keniscayaan. Entah lulus dari annex atau saraga, entah lulus Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Januari dst, entah 2016 17 18 19 20 21 22 23 24 25 dst. Ini seperti masa-masa akhir SMA. Namun waktu SMA rasanya cukup menggairahkan karena masih bisa bicara mengenai mimpi. “aku mau kuliah mesin” lalu esoknya ganti jadi “eh farmasi deh” lalu seminggu kemudian “eh nikah dulu deh” itu bisa. Tapi sekarang, sudah terlalu banyak waktu habis jika ingin memutar jurusan, dan masa depan sudah bukan hal yang bisa dimimpikan tinggi lagi. Tapi sudah harus realistis.

Mungkin ini memang waktu dimana harus menyerahkan segala kemungkinan padaNya, penulis skenario hidup kita.

Bye. Semoga all the best for us!

20160228-073942 AM.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s