Relatable Things

Entah kenapa setiap besoknya ada hal penting semacam bimbingan pasti selalu ingin ngewordpress di sela-sela ngerjain tugas. Tulisan ini sejenis buzzfeed gitu gapapa lah yah.

Sebenarnya, penggunaan kacamata bagi orang yang matanya plus atau minus (silindris engga) adalah kebiasaan. Ada 3 teman dengan minus 4 tapi tetap bertahan ga pake kacamata kalau beraktivitas diluar kelas. Meskipun dia akan selalu bilang, “Sebenernya kita ngobrol sedeket inipun aku ga liat wajah kamu loh…”. Ada juga yang minusnya cuman 1/2 tapi gaaa bisa lepas kacamata sama sekali. Yah, begitulah. Semua bergantung kebiasaan (dan kebutuhan). Kalo diatas 5 mungkin ga berlaku kali ya. Ini beberapa hal yang sering kejadian pada si mata minus tapi suka ga pake kacamata kalo diluar.

1.Kalau pesen makanan, bingung.

Hal ini terjadi kalau si menu makanannya tertempel di dinding belakang kasir. Saat ditanya, mau pesen apa? Lalu kita sibuk mikir sambil keringet dingin: ya Allah plis itu tulisannya apa. Lalu akhirnya akan beli menu yang pasti ada aja atau ngikut sebelah (wk udah buzzfeed bgt belom)

2. Kalau lagi jalan, mendingan liatnya lurus atau nunduk.

Karena takut salah orang atau takut disangka sombong karena gak nyapa, maka lebih baik jangan arahkan tatapan kepada wajah manusia. Dalam hal ini aku selalu fail. Salah orang sering, ga sadar orang yang lewat itu adalah orang yang dikenal lebih sering lagi. Tapi kalo ada orang yang nyapa duluan, gatau kenapa aku selalu reflek bilang: eeeh maap ga keliatan. Wkwk ga penting.

3. Kalau lagi nyebrang, tangan kita dipegangin banget sama temen.

Sebenernya ini mah aku weh. Kalau tiap nyebrang sama Nela, dia suka megangin aku. Lalu aku bilang: nel tenang aja aku ga sebuta itu ko. Lalu dia membalas: Gapapa pi bisi ga keliatan.

4. Kalau ada orang didepan kayak yang lagi manggil, ga akan diwaro.

Ya, karena kemungkinan salah dan benarnya sama-sama 50%. Jadi lebih baik diem dulu sambil mikir itu beneran manggil apa engga.

5. Lebih kenal sama postur dan cara jalan juga gaya orang-orang.

Akibat ngeliat wajah susah, jadi biasanya menebak siapa orang itu dilihat dari posturnya, atau cara jalannya, atau hal hal lain yang keliatan dari jauh. Tapi hati-hati, karena pemahaman ini yang sering bikin kita pede lalu salah manggil orang akibat orang yang dipanggil itu memiliki gestur yang sama kaya orang yang kita kenal.

6. Kalau jalan ditempat gelap, suka paranoid sendiri, atau suka terlalu cuek.

Keduanya bisa terjadi tergantung isi pikiran kita. Kadang ada baju ngegantung udah dikira ada makhluk melayang. Tapi kadang juga malah gak peka bahwa di samping kita ada orang. Kadang juga malah jadi waspada luar biasa, ada gerakan dikit disekitar jadi pengen lari.

7. Kalau ngelamun, suka salah ngeliat.

Saat lagi ngelamun, mata kita kadang ga mikir lagi liat ke mana. Kadang ngeliatin orang, ngeliatin tas orang, atau ngeliat mata orang. Padahal kita ga maksud apa-apa karena ga tau juga bahwa yang kita liat itu wajah apa bukan, mata apa idung, tas apa dompet. Pertama, kita bisa disangka mau nyopet, atau disangka naksir.

8. Kalau ngelewatin pos satpam, senyumin weeeh

Ini mah aku aja si. Kalau ngelewatin pos satpam, bodo amat dia lagi ngeliat atau engga, tapi aku suka senyumin aja. Daripada dianya senyumin tapi kita lurus-lurus doang kan ga enak. Ya ini terjadi karena aku tau bahwa mereka emang ‘pasti’ nyapa orang yang lewat. Kalo engga mah ngapain.

9. Keliatan kaya telmi

Jika berada dalam obrolan seperti ini, ‘Eh, itu liat, masa kaya gitu… *sambil nunjuk sesuatu*’ maka akan keliatan telmi banget karena sebenernya kita sedang mikir, itu apaan yang dia tunjuk. Kalau dalam obrolan 3 atau 4 orang, biasanya aku mundur dari percakapan wkwk. Tapi kalo kepo banget, ya tanya aja apaan.

10. Menyadari bahwa orang yang mirip-mirip tuh banyak. Banget.

Namun seringnya setelah berada dalam jarak dekat, kita akan berkata pada diri sendiri: eh ternyata jauh beda ya. Mungkin ini terjadi karena kerudung yang tipikal, atau gestur-gestur yang banyak yang mirip.

11. Terkadang ada orang yang ga percaya kalo kita ga ngeliat wajahnya.

Yah, sabar-sabar aja kalau disangka sombong.

 

Sekian untuk hari ini. Semoga bermanfaat meskipun aku tau ini ga bermanfaat.

20160525-092719 PM.jpgTernyata, kamera hp juga udah mulai mines

(gambar ini tanpa editan ataupun rekayasa ataupun salah moto)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s