Cara Belajar bagi “Visual”

Katanya sih cara belajar manusia itu macem-macem. Ada yang kinestetik atau dengan aktivitas, ada yang dengan visual atau melihat, ada juga yang listening atau mendengarkan. Maka ga aneh kalau temen kita ada yang suka tidur tapi sangat jenius. Wallahualambisshawab

Sebagai orang yang visual, beginilah cara aku menangkap sesuatu yang disampaikan oranglain, khususnya dalam hal belajar dikelas.

-Selalu memperhatikan wajah yang ngasih materi. Sekalinya ga liat atau ga pake kacamata, maka fokus akan memudar dan rada sedikit susah nangkep. Tapi ini akan fatal kalau dilakukan di kelas kimia waktu TPB karena bertemu kontak mata dengan dosen sama dengan disuruh maju ngerjain soal. Maka terkadang menundukkan kepala itu perlu juga.

-Hal yang paling paling dan sangat membantu bagi visual adalah catatan pelajaran. Beginilah kira-kira ringkasannya:

  1. Cari jenis tulisan seperti apa yang bikin kita “terkesan” sehingga dapat diingat terus. Kalau aku sih mencari tulisan yang bikin semangat kalo dibaca. Terbukti pas tadi nemu binder jaman SMA aja rasanya seneeng banget liat catetan-catetannya sampe pengen nyetel lagu “i love me gonna love myself no i dont need anybody else” #alay #narsisme #ilovetheoldme (wkwk sampah)
  2. Jenis tulisan tersebut bisa berupa mindmap, atau biasa aja. Tetapi kalau dikelas biasanya aku menulis dengan biasa aja tapi pas udah mau ujian kita salin ulang dengan mindmap biar ngerti (ini berlaku buat jaman sekolah, kalo udah kuliah rasa ripuh dan malas bersatu jadi ga gini2 amat).
  3. Awalnya aku mencari “jati diri” jenis tulisan dan jenis pulpen dan pola tulisan kaya gimana yang bikin aku ngerti dan enak buat belajar. Akhirnya kalau aku sih,  dengan tulisan yang agak bergambar (gambar panah ato bulet2 ato kotak2) akan lebih membantu dibanding full tulisan semua. Dan aku juga ga bisa nulis pure apa yang ditulis guru, melainkan dicatet dengan bahasa sendiri. Kecuali kalo ga ngerti, ya tulis we dulu. Lalu tulisan paling semangat adalah jika menulis menggunakan pensil yang dipadukan dengan warna-warni spidol tapi jangan colorful amat bisi pusing. Cukup 2 warna maksimal. Tapi paling the best adalah 1 pensil mekanik dan 1 warna spidol ungu.
  4. Jangan terpaku sama garis-garis pada buku. Gambar aja sesuka hati.

Udah gitu doang sih. Tapi kenapa catetan pelajaran itu sangat penting bagi si visual? Hal ini karena setelah diobservasi dan diingat kembali, ternyata pelajaran yang aku ga bisa itu adalah yang catetannya aku gak suka. dan pelajaran yang dipahami adalah pelajaran yang aku senang saat buka catetannya. Berikut contoh-contoh tulisan binder waktu SMA yang aku sukai sehingga semangat dan yang malesin sehingga susah ngerti.

photo(3)
pensil + spidol ungu (myfav!!!)
photo(5)
saat kita seneng liat suatu catetan, ini jadi lebih nempel karena semangat yang timbul waktu baca. Ga peduli orang bilang apa (mau alay, kurang kerjaan, atau gak berkesan karena jelek), yang penting kita senang.

Itu dua diatas adalah contoh jenis catetan yang aku bersemangat dalam membacanya. Tapi ini ada 2 contoh lagi yang tulisannya agak mengesalkan sehingga jadi bete pas bacanya:

Gambar 2 itu terlalu colorful dan terlalu alay sehingga pas liatnya jadi males.

Tiap orang punya caranya dan kesukaannya masing-masing. Mungkin ada yang males nulis seperti itu, atau ada yang malah semangat. Yah sesuaikan ajalah.

Okay, gitu aja mengenai bagaimana pentingnya nulis bagi  yang cara belajarnya dengan visual dengan sesuai gaya dan sesuai keinginanmu supaya lebih nangkep pelajaran (versi skhaor.wordpress.com). Semoga bermanfaat dan sesuaikan cara belajar dengan keinginan dirimu sendiri! Btw, selamat Ramadhan!

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s