The way you&I write #part3

Betapa membosankannya judul ini sampai sampai ada #part3 nya segala. Tapi tak apalah ya.

Aku adalah manusia yang memfollow tips-tips menulis, tips menerbitkan buku, mengolah karakter, memilih klimaks yang greget, mendescribe lokasi dengan menarik, memunculkan konflik, dan hingga cara-cara self publishing. Tapi makin lama aku sadar, bahwa ini adalah nonsense–untuk saat ini. Karena meskipun udah puluhan tahun (berasa tua) aku simpan dan pelajari, tapi aku ga pernah menulis dengan benar. heuheuheu

Suatu hari yang cerah, aku pernah mendapat wejangan dari tere liye waktu ia mengadakan training menulis,

Saya paling bingung kalo pada nanya: gimana sih caranya nulis? Karena nulis itu ga butuh pelajaran rumit yang kita harus pahami dalam-dalam seperti kalau kita belajar pelajaran eksak, seperti pelajaran kuliah, atau lain-lainnya.

Kalau mau nulis, jangan bertanya! Tapi nulis!
Karena kunci bisa nulis itu satu, yaitu nulis!

Aku hanya bisa berkata dalam hati, iyaaaajugaaayaaa. Meskipun kita harus sadar diri juga, bahwa ga mungkin sekalinya nulis langsung bisa kayak J.K Rowling.

Wel wel wel sesungguhnya hal yang menyenangkan dari menulis itu adalah kita jadi lebih mengenal diri sendiri dan mengenal isi pikiran kita. Ga jarang kalau lagi ga pararuguh lalu aku mencoba nulis, akhirnya jadi clear: oh jadi ini yang dari tadi aku cemaskan. Selain itu juga kita jadi mengenal diri sendiri (aku udh ngomong ini berapa kali ya). Selain itu, kita juga jadi mengenal diri sendiri, mengenal diri sendiri, dan diri sendiri. Mungkin aku sebut banyak karena itu dampak paling paling paling kerasa dari hasil aku nyampah-nyampah selama ini di wordpres, heu (lagi seneng dengan kata ‘heu’).

Leave a Reply

