Lupin

Siapalah yang tidak mengenal Lupin, pencuri ulung sepanjang masa yang penuh tipu muslihat dan pengkhianatan yang cerdik. Kalau kau tidak tahu, maka hari ini kau jadi tahu.

Tetapi pencuri paling kejam bukanlah Lupin. Ia adalah smartphonemu. Aku benci menamakannya dengan ‘smartphone’ karena kepintarannya dapat mengisap tatapan mata teduh para orang-orang dekat. Ia juga tidak pantas menjadi kata-kata dalam puisi ataupun prosa. Aku akan memanggilnya handphone, seperti anak-anak 90-an yang baru diberi handphone saat kelas 3 SMP sehingga jadi memiliki hobi bermain snake.

Betapa kini kita tidak perlu mengetik di mesin ketik, tidak perlu berjalan kesana-kemari untuk mendapat jawaban dari pertanyaan, tidak perlu berkirim surat pada dirinya dengan tinta hitam berkertas merah muda lalu menunggu 3 bulan untuk mendapat jawaban, juga tidak perlu membayar mahal untuk sebuah lembar foto keluarga. Bahkan foto sendiri pun sudah berjumlah ribuan dalam galeri kita masing-masing.

Kalau orang jaman dulu iri, maka aku juga iri. Bagaimana mereka menghabiskan waktu secara manusiawi. Sekarang hidup kita seperti dikelilingi hantu–mereka ada tapi tidak yakin benar ada atau tidak. Jiwanya melayang kemana ingin mereka berada. Saat tawa dan senyum manusia bukan untuk orang didepannya, tetapi untuk entahlah siapa. Terkadang aku ingin berkata, pergi dan temui orang itu, agar saat kau tidak ada maka benar benar tidak ada dan agar saat kau ada maka kau benar-benar ada.

Ia juga menjadi belati yang dengan mudah membuat manusia saling kecewa lalu saling benci bahkan jadi tidak saling mengenal. Padahal, bukankah jiwa manusia ada dalam tubuhnya? bukan handphonenya. Maka temuilah.

Ya, ia adalah pencuri terbesar di era ini, yang mencuri kerinduan, sapaan, obrolan basa-basi memuakkan, tatapan, dan kepedulian. Bahkan hal sepenting kesayangan juga perjanjian.

Tapi apa daya, aku tidak bisa berbuat banyak selain menulis ini.
Tapi apa daya, toh aku juga sedang dicurinya.

-Bandung, 02.37
bersama rencana-rencana yang gagal

20160811-025452 PM.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s