Keinginan

Sudahkah engkau (Muhammad) melihat orang yang menjadikan keinginannya sebagai tuhannya. Apakah engkau akan menjadi penjaganya? (Al-Furqon:43)

Doktrin-doktrin yang dilayangkan oleh dunia saat kita kecil hingga sekarang adalah untuk selalu berusaha mencapai apa yang kita inginkan. YOLO, they said. Don’t worry be happy, they said.

Bagaimana seorang muslim bisa percaya you only live once ketika Qur’an sebagai huda (petunjuk hidup) bilang ada kehidupan lain setelah ini? Gimana kita bisa don’t worry saat jelas kehidupan setelah ini tidak ada jaminannya? Bagaimana kita bisa selalu mengejar happy saat jelas kebahagiaan hakiki tidak bertempat disini?

Atau apakah engkau mengira bahwa kebanyakan mereka itu mendengar atau memahami? Mereka itu hanyalah seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat jalannya. (Lanjutannya, Al-Furqon:44)

Setelah tadi banget gugling tafsir ibnu katsir, maksud dari ayat ini adalah orang yang mengikuti keinginannya, diumpamakan seperti binatang ternak. Karena apa? Karena binatang ternak melakukan apapun sesuai dengan naluri dia. Bahkan manusia yang mengikuti keinginannya lebih sesat jalannya, karena hewan ternak mah mending bisa nurut sama penggembala. Lah manusia nurutnya hanya sama diri sendiri dan ga bisa mendengar atau memahami, seperti awal ayat tadi.

tumblr_mt50ykV5ti1s8rlddo1_500

Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul itu memberikan keputusan hukum di antara mereka hanyalah dengan mengatakan, “Kami mendengar dan kami taat”. Dan hanya merekalah orang-orang yang berbahagia. (QS. An Nuur:51)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s