اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

Ghazwul fikri sudah bukan bahasan aneh lagi. Rasul menyatakan umat Islam setelah sepeninggalnya ialah muslim yang hebat, karena mereka menghadapi fitnah akhir zaman yang sedang dahsyat-dahsyatnya dan perang yang tak kasat mata. Fitnah dajjal di akhir zaman bukan sekedar dongeng karena bahkan dalam tiap akhir sholat kita, kita senantiasa melantunkan doa ini sebelum salam,

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan mati, dan dari kejahatan fitnah Dajjal.”

Jelas semuanya terlihat make-sense. Benar salah dipelintir, pemahaman dan ideologi dicampur aduk. “islam” sendiri mudah terpecah belah. Padahal mana ada Islam moderat atau pertengahan karena pilihan jalan hidup hanya selalu ada dua, futur dan taqwa.
.
Oh wel mari turunkan flow
Setelah kemarin ikut sebuah acara DT yang membahas mengenai dajjal, maka dalam kepalaku muncul film-film marvel yang mana aku berkata, wow ternyata perang hebat antar dua kubu itu emang nyata. Dajal hidup selamanya dan berambisi untuk menguasai dunia agar dunia mengakui ia adalah tuhan, juga memiliki kecanggihan dan kecerdasan yang berbeda dengan manusia biasa. Dajjal adalah saudara azazil iblis yang memiliki julukan Sam karena ia bernama Samiri yang lahir 100 tahun sebelum nabi Musa dan memiliki keistimewaan untuk hidup hingga akhir zaman.
.
Dari catetan yang aku tulis berdasarkan hadist, fitnah dajjal itu bersifat seperti ini:
1. Sumber utama setiap petaka di akhir zaman
2. Meliputi semua aspek kehidupan manusia
3. Menyangkut ketauhidan
Sebenarnya aku mau nulis “dugaan kuat” seseorang dibalik sosok dajjal yang ternyata ia merupakan Samiri yang menghasut ribuan pengikut nabi Musa. Juga ternyata ia adalah Yudas Iskariot yang saat itu matanya pecak sebelah karena terkena pedang Herodus saat disalib. Ia kemudian berlengan buntung karena diamputasi oleh Barnabas setelah disalib. Ia menjadi sosok “Jack Sparrow” yang hidup mengembara dan berbekal hasil membajak kapal, menutup mata kanan dengan kain hitam dan tangan kosongnya diganti senjata. Tapi cerita ini kepanjangan jadi nanti dulu.
.
Semua rasanya seperti film, tapi barangkali imajinasi mereka terinspirasi dari setiap hadist dan penjelasan mengenai dajjal. Barangkali.
Sewaktu jaman nabi Musa, dajjal memiliki 40 pengikut, tetapi kini diduga sudah ribuan. Maka ga aneh saat fitnah dajjal di akhir zaman sudah sekejam ini, karena ia sudah hidup sejak lama dan melewati berbagai fase kehidupan manusia, mengumpulkan tentaranya.
.
Wallahualam bish-shawab.
Apapun yang terjadi, jelas terlihat musuh Allah sudah di depan mata. Bukan hanya pengetahuan yang bisa menyelamatkan diri, tetapi juga amalan keyakinan dan kebersamaan dengan sesama muslim. Akhir zaman sudah bukan bohong, semua pertanda perlahan sudah muncul.
.
Apapun yang terjadi, semoga Allah selalu menghindarkan kita dari fitnah dajjal yang sudah menggerogoti setiap aspek kehidupan ini. Saat semua benar salah tidak jelas, maka yang jelas benar hanya Qur’an. Maka ya Allah, jadikanlah kami dan keturunan kami memiliki Qur’an dalam hati dan dalam kehidupan kami sehingga terhindar dari segala fitnah, seberapa kuatnyapun itu.
.
Terakhir fitnah dajjal bersifat seperti ini,
Dalam shahih Al-Bukhari dan Muslim, dari Hudzaifah, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, beliau bersabda, “Ia akan membawa air dan api, namun apinya itu adalah air dingin, dan airnya itu adalah api yang berkobar-kobar. Maka janganlah hal itu menghancurkan kalian”.
Ia menyodorkan air yang terlihat menyenangkan, padahal kenyataannya itu adalah api yang mematikan.
dscn4985
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s