Kingdom Tower #1

Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhu berkata :
Suatu ketika, kami (para sahabat) duduk di dekat Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tiba-tiba muncul kepada kami seorang lelaki mengenakan pakaian yang sangat putih dan rambutnya amat hitam. Tak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan, dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Ia segera duduk di hadapan Nabi, lalu lututnya disandarkan kepada lutut Nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha Nabi, kemudian ia berkata :

“Hai, Muhammad! Beritahukan kepadaku tentang Islam.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Islam adalah, engkau bersaksi tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya,” lelaki itu berkata,”Engkau benar,” maka kami heran, ia yang bertanya ia pula yang membenarkannya.

Kemudian ia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang Iman”.

Nabi menjawab,”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah; malaikatNya; kitab-kitabNya; para RasulNya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,” ia berkata, “Engkau benar.”

Dia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang ihsan”.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia melihatmu.”

Lelaki itu berkata lagi : “Beritahukan kepadaku kapan terjadi Kiamat?”

Nabi menjawab,”Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya.”

Dia pun bertanya lagi : “Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!”

Nabi menjawab,”Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta pengembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.”

Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga Nabi bertanya kepadaku: “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?”
Aku menjawab,”Allah dan RasulNya lebih mengetahui,” Beliau bersabda,

”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.” [HR Muslim, no. 8]

—————–
Saat itu jibril datang menyerupai seorang lelaki, bertanya keempat hal penting bagi seorang yang mengaku beriman: Islam, Iman, Ihsan, dan Pengetahuan tentang kiamat. Tujuannya apa? Agar hadist ini muncul dan mengajarkan ummat nabi Muhammad apa hal penting yang harus kita ketahui.
.
Dalam hal ini aku ingin menggaris bawahi yang terakhir: pengetahuan tentang kiamat.
Tenyata sebagai orang Islam itu bukan hal yang bisa kita bodoamatkan secara sewenang-wenang atas dasar keinginan atau ketakutan. Bukankah akan lebih takut lagi kalau semua ciri datang dan kita ga bisa mempertahankan keimanan? Bukankah lebih takut lagi kalau nanti sekiranya mata kita bertemu dajjal (nauzubillah) lalu iman sekuat apapun menguap lalu kita langsung sujud dihadapannya? (nauzubillah) Bukankah lebih takut lagi kalau sebelum fitnah besar datang ilmu kita mengenai itu masih minim sehingga hanya ikut pergerakan kebanyakan manusia? Bukankah lebih takut kalau kita ga sadar mengenai apa-apa yang terjadi tiba-tiba matahari udah terbit dari barat dan kita ga bisa tobat?
.
Kiamat tidak pasti kapan, maka itulah mengapa kita harus memiliki pengetahuan tentangnya.
.
Selanjutnya, aku berniat untuk melanjutkan tulisan-tulisan mengenai itu. Adapun yang disampaikan ini adalah hasil dari Ust Zulkifli Muhammad Ali di Mesjid Az Zikra, Sentul, Bogor yang mana videonya aku dapet dari Nain. Hadist-hadist yang beliau sampaikan diberitahu statusnya, dan ia hanya menyantumkan yang sahih.
tumblr_nd0abiZyux1tchrkco1_500
Oh iya kelanjutan yang hadist tadi, ternyata ada lagi yang meriwayatkan mengenai siapakah orang miskin yang kemudian jadi kaya tadi? Ternyata mereka adalah orang Arab. Dan sekarang telah terbukti benar, padahal Rasul ga hidup di jaman kita yang mana Arab udah kaya.
.
Dalam hadits lain, yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Ibnu Abbas bertanya kepada Nabi:
“Wahai Rasulullah, dan siapakah para pengembala, orang yang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu?” Beliau menjawab, “Orang Arab.” (Musnad Ahmad, IV/332-334, no. 2926).
.
Bukankah benar sekarang gedung tertinggi ada di Dubai (Burj Khalifa) dan 1-2 tahun kedepan Kingdom Tower di Jeddah (yang tingginya lebih dari 1 kilometer) akan selesai pembangunannya?
.
Ciri itu udah benar muncul, lalu apa selanjutnya?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s