DeJavu

Hati ini cukup teriris setelah membaca mengenai runtuhnya peradaban Islam terbesar yang meliputi Eropa, Asia, dan Afrika–Turki Utsmani–yang didalamnya pernah ada panglima dan pasukan terbaik yang sudah diprediksi oleh Rasulullah, yang menaklukan konstatinopel.

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hanbal, Al-Musnad 4/335]

Ya, Muhammad Al-Fatih, atau Sultan Muhammad II. Tapi gak bahas itu dulu karena bukunya Al Fatih mah udah banyak. Jadi ini mengenai bagaimana hilangnya kekhalifahan utsmani dan berdirinya republik turki. Dari berbagai kisahnya yang penuh intrik dan taktik, ini adalah inti dari alur bagaimana cara mereka bisa menghilangkan kekhilafahan Turki Utsmani.

Barangkali kita bisa mengambil pelajaran dan ga akan dibodohi lagi oleh orang-orang yang menjual agamanya untuk kehidupan dunia. Supaya gak polos-polos amat untuk selalu percaya bahwa semua orang itu baik dan ga punya motif apapun.

  1. Kelemahan pertama kali yang timbul adalah lemahnya keteguhan 20 sultan-sultan terakhir terhadap Islam. Penyakit wahn timbul–cinta dunia dan takut mati. Beberapa pasya/gubernur sudah mulai minum arak dan korupsi. Intinya beliau2 sudah mulai duniawi. Udah gitu banyak utang pula.
    .
  2. Para pelajar banyak dikirim ke barat oleh Sultan supaya belajar disana. Ternyata pas pulang mereka membawa pemahaman sekuler ala eropa yang dihembuskan ke masyarakat. Sehingga ada sebuah geng bernama young turk yang masuk kedalam Comitee of Union and Progress (CUP).
    .
  3. Yahudi berkeinginan merebut Palestina yang saat itu milik Turki Utsmani. Di pelopori oleh Theodore Herzl. Cara pertama mereka yakni mendatangi Sultan langsung. “Kita bayarin utang2 kalian tapi kita boleh beli Palestina” gitu katanya. Tapi sultan ga mau. (kemudian Kongres Zionis Internasional pertama terjadi di Swiss, 29-31 Agustus 1897)
    .
  4. CUP ini  pelan-pelan mengganti pejabat-pejabat pemerintahan yang sesuai keinginan mereka. Mereka tidak suka akan pemahaman Islam dan ingin diganti, terlebih setelah udah ada young turk yang paham barat banget. Karena apa? Karena Freemason udah masuk ke CUP/young turks.
    .
  5. Sultan bergerak menjadi boneka dari orang-orang dibelakangnya. Sultan Abdul Hamid secara personal adalah orang yang sholeh. Tapi sistem pemerintahan sudah mulai jelek. Mereka sempat menggunakan pemerintahan absolut. Sekuler sudah masuk sedikit-sedikit. Belum lagi pejabatnya bukan dari orang yang memang mampu jadi pejabat.
    .
  6. Said Nursi sebagai ulama tersohor saat itu mencoba mengkritik pemerintah agar menjadi negara yang merdeka dan berkonstitusi. Namun sultan dan bayang-bayangnya menolak bahkan sempat Said Nursi hampir dihukum dan dipenjara. (meski pada akhirnya memang dipenjara)
    .
  7. Said Nursi memiliki banyak pengikut, sehingga cara untuk “meredam” suaranya ga boleh pakai kekerasan. Tapi beliau diiming-imingi jabatan dan gaji yang besar. Tapi ditolak.
    .
  8. Pendidikan Islam mulai sulit dan pendidikan sains modern lebih banyak dikembangkan. Pendidikan Islam dipisahkan dari pendidikan modern. Said Nursi protes juga agar keduanya seimbang. Lagi-lagi dibungkam oleh sultan dan bayangan. Ia dianggap memasuki ranah politik dan dihukum. Akhirnya tetap bebas karena setelah diserahkan ke gubernur, gubernur tidak mengerti apa salahnya Said Nursi.
    .
  9. Saat perang dunia 1, kondisi khilafah Utsmaniyah lagi lemah dan ga mungkin ikutan. Tetapi dihasut oleh si bayang-bayang yang berasal dari Freemason, sehingga ikutanlah bersama pihak Jerman dan Rusia. Tapi kan kalah ya.
    .
  10. Setelah kalah, Turki Utsmani akhirnya mau ga mau merelakan wilayahnya untuk dibagi-bagi ke sekutu. Palestina diserahkan ke Inggris yang ternyata oleh inggris dikasihin ke Yahudi.
    .
  11. Mustafa Kemal Attaturk, muncul dan menjadi figur komandan militer yang diagung-agungkan saat itu. Saat Inggris datang dan mengawasi Kekhilafahan Utsmani. Bahkan dibilang “Khalid bin Walid”nya jaman mereka..
    .
  12. Isu-isu dimunculkan bahwa yang membela Inggris adalah jihad dan yang membela ulama adalah pemberontak. Semua serba terbalik-balik.
    .
  13. Inggris memaksa agar mereka mengeluarkan fatwa bahwa melawan Inggris itu haram. Supaya rakyatnya ga ada yang memberontak saat Inggris berusaha menguasai dan mempreteli Islam. Dan yang memberontak wajib dibunuh. Berhasil lah keluar fatwanya.
    .
  14. Para ulama membuat fatwa tandingan yang menghalalkan melawan pemberontak. Mustafa Kemal Attaturk kemudian melawan Yunani sampe menang dan akhirnya gencatan senjata dengan Inggris. Dia makin “wah” dimata masyarakat Turki Utsmani. Citranya sangat positif.
    .
  15. Gencatan senjata turki dan inggris membuat kekuasaan Turki Utsmani sepenuhnya di tangan Mustafa Kemal Attaturk. Begitulah bagaimana musuh-musuh Islam mengggerogoti kita dari dalam. Dari mulai “menghilangkan islam perlahan” dari dalam diri masing-masing dan menebar pemahaman atheis dan sekuler.

.

Setelah itu, seperti yang kita ketahui, ditangan dia lah kekhilafahan Islam diganti menjadi sekuler yang sangat radikal. Semua bahasa arab dan persia dimusnahkan. Mesjid-mesjid di tutup atau dijadiin gereja. Baju Islami dilarang dan pakaian barat wajib. Pesta campur perempuan laki-laki pertama setelah 6 abad terjadi di Istanbul, sambil minum arak dan berbaju minim.

Azan dan bacaan Quran semua diganti jadi bahasa turki. Yang berani azan pake bahasa arab langsug dibunuh. Pun yang belajar Islam dan Quran. Semua simbol Kekhilafahan Utsmani dihilangkan. Patung dan tugu dibuat di kota-kota. Pernikahan beda agama boleh. Yang masih “Islami” akan dipenjara atau dihukum mati. Padahal dulu dia dielu-elukan masyarkat sampai di bilang seperti Kholid bin Walid. Eh ternyata ada udang di balik batu.

Gak heran kenapa di sinetron cinta di musim cherry ga ada rasa islamnya padahal mereka udah 6 abad memakai kekhilafahan utsmani. Ternyata sudah seradkal itu pemusnahan Islam oleh Mustafa Kemal Attaturk. Naudzubillah.

sumber inspirasi: Api Tauhid oleh Habiburrahman El-Shirazy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s