Migrainne

Saat sedang migrain maka saat itulah mati gaya paling maksimal terjadi. Tidur aja berasa muter-muter dalam hati (eh kebayang ga si). Tapi kalau boleh geer, ini sebenarnya jawaban dari Allah atas doa-doa aku tiap hari dan aku juga ngerasa ini jadi kaya suatu bentuk penjagaan. Karena apa?

1. Saat aku telat makan dikit atau kecapekan, migrain datang kaya ngingetin. Kalau ga migrain dan lagi sibuk, mana bisa inget makan. Tapi kalau diingetinnya oleh si migrain maka warbiyasa pola makan jadi lumayan teratur. Semacam suatu ancaman tapi berefek positif buat diri sendiri.

2. Berhenti dengerin lagu. Ya, kebiasaan yang super kebiasaan adalah dengerin lagu kalau lagi sendirian (perjalanan, dll). Tapi saat migrain, semua suara itu bener bener bikin sakit semakin maximal. Meskipun suka dengerin lagu tapi aku sadar kalau itu bukan kebiasaan baik, dengan ini aku terbantu perlahan terlepas dari habit itu.

3. Bersosialisasi dan ngobrol. Saat migren, aku merasa butuh ngobrol banget karena biar ga kerasa. Makanya aku si anak yang suka males sosialisasi ini kalau lagi migrain akan melakukan hal yang jarang aku lakukan yakni “jadi yang ngajak pergi.”

4. No hp no laptop no nonton. Ya iyalah ya orang yang bermasalah sama kepala suka makin kerasa sakit kalau ngeliat cahaya. Otomatis ngeliat hp atau laptop jadi pengen muntah karena pusing banget. Baguslah. Setidaknya ini jadi semacem waktu “pause” dari aktivitas medsos dan marathon nonton dan biar fokus sama lingkungan sekitar.

5. Tidak berleha-leha. Biasanya orang kalo sakit enaknya kan tidur. Tapi ini mah tidur justru bikin makin berat kepala. Biasanya aku jalan ke jalan bebatuan tanpa alas kaki kaya di Saparua atau Gasibu atau Taman Cibeunying. Itu yang buat refleksi tea. Atau melakukan aktifitas2 lainnya asal ga sama laptop. Kan jadi aga produktif. Meskipun kadang kalau sudah menjalar jadi lemes ya mau ga mau tepar meskipun ga enakeun.

6. Menjaga dari minum kafein, makan cokelat, dan keju. Karena ternyata kesemua itu adalah pemicu migrain. Dan, ketiga makanan itu adalah my fav sekali. Jadi bisa dibilang ini latihan melawan hawa napsu lah ya

7. Menjaga keteraturan waktu tidur.Saat migrain, ga penting tidur berapa jam (selama ga kurang dari 4 jam) asalkan jadwal tidurnya max jam 10. Mau bangun jam 3 atau jam 2 ga apa. Biasanya migrain selalu muncul kalau aku tidur lewat jam 12. Dan migrain dipagi hari itu nightmare banget karena biasanya bertahan sampe malemnya lagi. 

8. D l l

Sebenernya masih ada lagi cuman udah dulu aja. Begitulah simpulan dari yang aku rasain beberapa taun ini. Dulu aku suka mengeluh kenapa sih kenapa sih dan kenapa sih ini migrain ganggu aktivitas banget. Tapi lama lama aku jadi sadar ada beberapa habit aku yang berubah dan jadi lebih baik karena ada migrain ini. Lama lama kalo dipikir2 ini tuh cara Allah mgingetin buat jadi lebih baik lagi. Pun semoga menjadi penghapus dosa.

Leave a Reply

