Paham dan Tahu

Ilmu dan pemahaman adalah dua kata yang sangat berbeda. Orang yang berilmu, belum tentu paham. Tetapi yang paham, maka dia punya ilmunya.  Contohnya adalah aku sebagai (mantan) mahasiswa oseanografi. Kami semua tahu bagaimana pentingnya laut, dan bagaimana pentingnya untuk mengeksplor dibidang ini. Tapi apakah semuanya pada akhirnya memperjuangkan itu? Tidak. Ada yang masih idelis ingin …

Sin Differently

Karena nila setitik rusak susu sebelanga adalah peribahasa yang tepat untuk memulai tulisan ini. Ya, terkadang kita fokus pada 'nila setitik' yang terdapat pada diri orang lain, sehingga orang itu jadi sebegitu jatuhnya dipandangan kita. Atau "semut di sebrang pulau keliatan, tapi gajah dipelupuk mata sendiri tidak terlihat", juga bisa.  Sering mendengar obrolan seperti dibawah …

Menghafal Quran Untuk Orang Sibuk (atau Malas)

Bulan Ramadhan ini istimewa karena selain banyak bonus, juga merupakan bulan turunnya Al Quran. Aku ga akan membahas bagaimana keutamaan dsb nya yang mungkin kalian udah hafal diluar kepala. Saking luarnya kadang jadi sekip. Hehe aku juga.. Menghafal Quran kalau dibilang susah, emang susah... saking susahnya mau niat aja rasanya ingin bilang 'aduh plis ntar …

Prasangka yang terjawab

Sebenernya dari dulu suka penasaran dengan ayat-ayat atau hadist mengenai Hidayah. Bahwa Allah SWT hanya akan memberikan hidayahNya kepada orang-orang sesuai kehendakNya. Kedengarannya kalau lagi kurang iman sih inginnya nanya terus. Kenapa kaya gitu? 'Licik' dong? Kalau kaya gitu berarti ga ada pilihan hidup mau beriman atau engga dong? dan seterusnya kesuuzonan akan berlanjut. Akhirnya …

Pengecualian

Setiap hari, setiap saat, dan setiap tindakan membuatku berfikir bahwa semesta selalu mengecualikan aku. Aku adalah tidak ketika semua orang adalah iya. Aku adalah pergi saat semua orang datang. Aku adalah setiap kebaikan yang menjadi debu. Aku adalah setiap jahat yang selalu teringat. Aku juga kau saat kau tidaklah aku. Akhirnya aku menyadari. Akulah yang …

Kesedihan

Dalam terik kau bersembunyi Menjadi mentari sendiri Dalam hujan kau bersembunyi Sendiri dalam rinai Sejatinya kau selalu disini Disetiap musim air atau musim mentari Akulah yang lalai, melihat segala yang terjadi menemukan di tumblr sendiri (yang sejak januari ga bisa login), tapi lupa pernah nulis begini. Seperti bukan tipe bahasa tulisanku, kecuali perkataan 'mentari', 'musim …

slow

Draft 12 februari “Selow”  agaknya menjadi motto hidup para pemuda pemudi masa kini. Hal ini secara tidak langsung untuk meremehkan/memusnahkan kata “panik” yang kerap kali muncul dalam kehidupan manusia dan kegelisahan hati. Pun tidak munafik aku menyukai kewolesan dan selalu berdoa tidak harus bekerja sama dengan orang perfeksionis yang serba panik akan hal kecil. Karena …

Limiting Social Media

I've bunch of free time (beside waiting for scholarship announcement and make plans for bussiness with rifa) which means I have chance to do anything unimportant like scrolling my handphone for ages or hanging out with friends every-single-day. I realized that I have to be discipline and limit myself to do such things. So here …