Menghafal Quran Untuk Orang Sibuk (atau Malas)

Bulan Ramadhan ini istimewa karena selain banyak bonus, juga merupakan bulan turunnya Al Quran. Aku ga akan membahas bagaimana keutamaan dsb nya yang mungkin kalian udah hafal diluar kepala. Saking luarnya kadang jadi sekip. Hehe aku juga..

Menghafal Quran kalau dibilang susah, emang susah… saking susahnya mau niat aja rasanya ingin bilang ‘aduh plis ntar dulu.’ Tapi mau di ntar ntar sampe kapan? Kalau masih kuliah..pasti sibuk dengan praktikum, tugas akhir, dan segala kepadatan lainnya. Eh udah lulus juga disibukkan dengan kerja..

Kalau masih dinantiin lagi..keburu nikah..punya anak…lebih sibuk lagi. Kalau terus ditunggu sampai punya waktu sih sampai meninggalpun kita pasti ingin mencapai cita cita dunia. Berasa selalu kurang. Berasa ga bisa ada waktu buat hal hal seperti ini. 

Jaman teknologi seperti ini ada sebuah aplikasi yang ngebantu banget buat orang yang sibuk ato males buat ngafalin. Yaitu namanya ‘Ayat’. Pasti banyak yang udah punya sih, tapi plis baca dulu biar tulisan ini berguna 

Yang dilingkarin

Kenapa aplikasi ini untuk yang orang sibuk?? Karena kita hanya perlu masang kuping sahaja. Yak. Metodenya adalah audio. Tapi, kalo aku sih, caranya dengan jangan dengerin terlalu banyak ayat. Dengerin beberapa ayat yang susah dulu…ulangi kalo bisa 1000 kali sampe kebawa tidur. Besoknya, abis murajaah, ganti ayat…dan seterusnya 

Sebenarnya bagi orang visual seperti aku, yang kalo belajar harus ‘ngeliat’, bener bener butuh waktu super lama diulangi berkali2 banget buat bisa hafal dengan cara ini. Tapi ya jangan dianggap beban. Kalau mau di mix sambil liat Quran nya juga bisa…

Akan tetapi kalau kamu orang yang audio, maka alhamdulillah cara ini insya allah bisa cepet nempel. Selain itu, reciternya (duh bahasanya apa ya) juga bisa diganti-ganti. Kalau aku biasanya lebih masuk dengerin yang bacanya cepet. Kalau yang bacanya lambat malah jadi cepet ilang.

Misal udah beres, ternyata ada tes tes an nya juga yang bisa dimanfaatkan.

Tapi kalau anda adalah berniat teguh pengen ngapalin banget, boleh baca ini yang merupakan hasil dari ikut seminar Al Hafidz november lalu yang caranya disesuaikan dengan cara belajar kita.

Cara audio ini bisa dilakukan sambil ngerjain apapun. Terlihat ga mungkin memang, tapi hal ini udah diuji di ipb dan itb (apasi). Gak sih, yang penting, diulangnya itu yang harus banyak sebanyak banyaknya. 

Dan bagi orang yang bukan audio, memang butuh waktu lama banget sampe ayat ayat tersebut bisa beneran nempel dikepala. Sabar aja. Yang penting ngafalin. (Meskipun emang lebih baik ngafalin dengan totalitas sih)

Barakallah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s