Back to school

Aku bosan Tetapi bosan itu teruapkan oleh matahari lalu ia terbang ke langit. Kelak akan menjadi awan menyebalkan, semenyebalkan saat ia terkurung dalam diriku. Tetapi tidak pernah lagi aku bosan pada laut. Untungnya, langitpun. Meskipun disini lagi, dan orang itu lagi, dan diriku yang ini lagi, dan hal hal yang kamu benci, yang menempel padaku.  …

Semua tuhan itu sama?

Kenapa kalimat tauhid itu bukan 'Tuhanku adalah Allah'. Kenapa harus 'Tidak ada Tuhan selain Allah'? Itu adalah bahasan dari kelas intisari quran (lagi) oleh ust Syahid di Mesjid Al latif minggu minggu lalu. Padahal, bukankah kedua kalimat itu 'terlihat' sama aja? Kalau kita mau kilas balik. Mari tengok kisah Bilal yang tak henti menggumamkan 'Ahad.. …

Sarang Laba Laba

Hasil dari ceramah tarawih oleh ust Hanan Attaki kemaren di acara Ngabuburide oleh Shift (Pemuda Hijrah) di Lapangan Pussenif adalah mengenai cara mengatasi masalah yang dikaji dari Al Ankabut:69. Kata beliau, surat Al Ankabut ini memang isinya mengenai permasalahan permasalahan dan gimana menghadapinya. Yak lumayan nambah referensi, kalau lagi bingung dan butuh jalan, surat ini …

Venus & Mars

Ternyata, beberapa perbedaan kecenderungan laki laki dan perempuan yang biasa kita baca dibuku 'venus&mars' (duh judul lengkapnya apa yak panjang wkwk) ada yang sudah dikatakan di Quran. Pada dasarnya kita semua sama manusia dan memiliki banyak kesamaan seperti rasa takut, senang, sedih, dengki, hingga marah. Tapi dalam beberapa hal tentunya laki laki dan perempuan itu …

World Ocean Day!

Yeay. Katanya sih hari ini adalah world ocean day dan aku peringati dengan ngepost di instagram. Dah gitu doang. Wkwkw memang kurang berguna tapi ga apalah. Laut pernah jadi membosankan dikala kami banyak mabok akibat ngukur pakai perahu kecil, bikin gosong karena memang itu gunanya pantai, bikin keringetan karena jalan banyak dan matahari yang sulit …

Barometer

Ingat sekali jaman dulu pernah ada yang nanya, apakah kamu orang beriman? Mau menjawab rasanya serba salah. Bilang iya, tapi kelakuan kadang ga mencerminkan hal itu. Bilang enggak pun, tapi aku percaya pada Allah dan Rasul meski masih ga PD untuk bisa bilang seperti itu. Diam menjadi jawaban atas kegalauan kami. Akhirnya, jawabannya jadi gini, …

Proses Menjadi ‘Teladan’

Tadi pagi aku mencari materi-materi tentang marifatul insan tetapi malah nyasar disebuah kertas-kertas mengenai "virus merah jambu". Bahasa yang jadul banget kan kesel? Sepertinya itu bahasa ada waktu aku SMP-SMA. Aku tidak cerita gimana teori-teori VMJ yang aku baca, tapi ada suatu contoh terselip mengenai kisah Nabi Muhammad SAW. Seperti yang diketahui bersama, Zaid bin …