World Ocean Day!

Yeay. Katanya sih hari ini adalah world ocean day dan aku peringati dengan ngepost di instagram. Dah gitu doang. Wkwkw memang kurang berguna tapi ga apalah.

Laut pernah jadi membosankan dikala kami banyak mabok akibat ngukur pakai perahu kecil, bikin gosong karena memang itu gunanya pantai, bikin keringetan karena jalan banyak dan matahari yang sulit kompromi, dan tiada mana sempat kami bersantai menikmati senja atau keindahan langit dan suara deburan ombak karena terlalu banyak susah yang diresapi dibanding syukur. Tapi tetap saja mereka sedikit menghibur. 

Belajar di oseanografi mengajarkanku keteraturan semesta sebegitu hebatnya. Gesekan angin, gerakan arus, cuaca, gelombang, semua berintergasi secara sangat ribet kalau dipelajari dan bisa keluar lembaran rumus hanya untuk sebuah gerakan indah mereka, yang masya allah, baru lulus kemaren tapi sudah terlupa. 

Itu baru mengenai laut saja. Pun belum selesai semua. Belum lagi hal hal lain seperti tanah yang kita injak, udara yang kita nafas, hewan yang kita makan, hingga angkasa yang kita selalu ambil foto senjanya. Pasti ilmunya sangatttt beliber (eh belibet) dan gatau lagi sebanyak apa rumus yang keluar dan simpulan yang jadi buku. 

Semakin tahu maka semakin banyak tidak tahu. Jadi sadar mengapa banyak sekali perintah di quran untuk tafakkur. Karena semesta dan alam dunia ini memang membuktikan bahwa benarlah Allahu Akbar itu.

Benar bahwa ilmu manusia hanyalah setitik air disamuderaNya. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s