Venus & Mars

Ternyata, beberapa perbedaan kecenderungan laki laki dan perempuan yang biasa kita baca dibuku ‘venus&mars’ (duh judul lengkapnya apa yak panjang wkwk) ada yang sudah dikatakan di Quran.

Pada dasarnya kita semua sama manusia dan memiliki banyak kesamaan seperti rasa takut, senang, sedih, dengki, hingga marah. Tapi dalam beberapa hal tentunya laki laki dan perempuan itu berbeda. Salahsatunya dari kecenderungan keinginannya.

Ini aku dapet dari kajian intisari Quran kemaren oleh ust Syahid di Mesjid Al Latif. 

Banyak sekali di Quran dikatakan bahwa kelak di surga akan ada bidadari bidadari. Sering rasanya kepikiran kalau buat kita sebagai wanita apakah ada semacem bidadari gender laki laki?

Jawabannya tentu wallahu alam bish shawab. Tapi menurut beliau, ini menunjukkan bahwa keinginan laki laki yang paling besar adalah terhadap wanita. Dan disurga, keinginan itu akan tercapai. Bahkan di surat 4:28 tertulis bahwa manusia itu lemah. Dan banyak tafsir menyatakan bahwa makna lemah disini adalah lemah terhadap perempuan. 

Lalu bagaimana dengan perempuan? 

Mari tengok surat At Tahrim. Disana tertulis doa Asiyah, istri Firaun, yakni permohonan untuk diberikan istana disurga. 

Yang secara tidak langsung menunjukkan keinginan dominan wanita adalah terhadap harta. Maka ga aneh di asia barat sana banyak perempuan ga mau nikah karena udah mapan tanpa lelaki. Yang ujungnya membuat problem baru: piramida populasi yang berbentuk segitiga kebawah. Artinya anak kecil minim dan orang dewasa banyak. 

Mangkanya mungkin banyak sangkaan (padahal kenyataan) bahwa perempuan itu matre dan laki laki itu hidung belang wkwkwk

Disinilah agama memegang peranan penting untuk menyeimbangkan keduanya untuk kita tidak boleh takluk pada hawa nafsu, dan diberi batasan batasan tertentu agar ga berlebihan menuruti hawa nafsu.

Well ini bicara secara umum dan bukan perorangan. 

Meskipun sebaliknya, kita bisa lihat sendiri sedesperate apa perempuan kalau patah hati dan sejahat apa lakilaki kalau ga punya uang (misal jambret dll). Pada akhirnya, manusia memang memiliki segala kelemahannya. Peganglah agama agar bisa mengendalikan semua lemah itu, bukan mereka yang mengendalikan kita. Dalam kasus ini umumnya, wanita (atau lelaki) dan harta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s