#WHATTODO

Setelah mengikuti rangkaian acara dari IA ITB Jabar 3 hari ini mengenai Entrepreneurship, saya punya beberapa kesimpulan yang tidak akan dijelaskan secara essay, tapi lebih to the point dan berupa gambaran apa-apa yang harus dilakukan kedepannya:

NETWORKING

  1. Meski belum merintis usaha sendiri secara serius, tapi harus dibiasakan punya mental pengusaha yang pikirannya selalu lincah dan aktif mencari peluang.
  2. Peluang tersebut berupa: networking. Psssssst….lebih enak networking dengan lulusan univ/SMK lain dibanding dengan kampus sendiri (berdasarkan pengalaman bapak2 dan kakak2 senior di IAITB)…………karena kalau sama sesama, biasanya susah eksekusi dan berakhir hanya teori saja.
  3. Cara tersimple networking: like ig teman selama itu ga salah, selalu hadir diacara kumpul-kumpul (terutama ke teman yang jarang ketemu). Reuni SMA wajib hadir (setelah kemarin super males semales-malesnya sekarang jadi ingin cepat-cepat!)
  4. Kalau ingin belajar/cari pengalaman, cari yang linear dengan bisnis plan, jangan yang macem-macem. Misal ingin usaha di bidang coastal engineering tapi sekarang malah kerja di bank. Kan ga nyambung.
  5. Selalu daftar acara-acara di kota Bandung. Seperti pelatihan-pelatihan, Bandung Berdaya, Google Gapura, dll. Acara semacam ini banyak banget, adapun infonya biasa didapat di grup-grup whatsapp. Ambil ilmunya dan “keep” orang-orang yang udah kenalan sama kita. Sudah beberapa kali aku ikut, dan bener-bener memperluas wawasan dan pergaulan.
  6. Baper udah ga jaman.  meski temen ada yang jahat dengan jahat sebesar dan sekecil apapun, gapapa. Kita harus tetep baik dan positif. . Kalo kita butuh, dia masih bisa menerima kita karena selama ini kita ga pernah jahatin dia. Ga seperti dia ke kita, akan segan karena misal pernah ‘jahat’
  7. Teman itu kaya bank. Ga bisa kita ambil uang kalau ga pernah nabung. Maka, sejak sekarang, bantu sebisanya kalau ada yang minta. Bantuan-bantuan itu adalah tabungan kita. Kelak kalau kita perlu “narik uang” a.k.a butuh bantuan, ga akan sulit karena sudah nabung banyak. Kalau masih ga bisa narik meski kita udah baik, maka jaga hubungan tapi jangan pernah libatkan dalam hal serius untuk kedepannya.
  8. Jangan sombong dengan posisi sekarang. Hidup masih panjang, manusia masih bisa berkembang. Kalau kita underestimate ke orang lain, kita ga pernah tau kedepannya dia bisa jadi mitra terbaik yang membantu saat kita jatuh.
  9. Kalau bicara sama siapapun, posisikan diri selevel dengan dia. Misal bertemu owner perusahaan besar, maka jangan jadi rendah diri, posisikan kita juga “seperti dia”. Karena ga ada orang yang suka ngobrol lama dengan orang yang levelnya berbeda.

BISNIS PLAN

  1.  Jangan main langsung eksekusi, tulis dulu serapih-rapihnya sejelas jelasnya. Buat bisnis canvas model (bisa download di https://strategyzer.com/platform/resources) dan konsep marketing dan seterusnya.
  2. Love your customer not your product
  3. Jangan kira sekali jalan langsung akan berhasil, 1-3 tahun abisin dulu gagal-gagalnya. Yang penting tetap istiqomah dan terus maju meski tahun pertama belum ada profit.
  4. Belajar lebih banyak lagi dari jurnal-jurnal MBA
  5. Belajar bisnis dan managemen lewat pelatihan dan seminar-seminar
  6. Belajar finansial dan pengaturan keuangan
  7. Biasakan tulis pengeluaran pendapatan pribadi. Pisahkan dengan kerjaan.
  8. Belajar digital marketing (FB Ads, web development, copywriting). Karena mau usaha bidang apapun di jaman ini bakal butuh hal-hal tersebut.
  9. dll.

 

NB. bisa ditambah dan dilengkapi lagi sewaktu-waktu

Sengaja ditulis ulang, karena takut lupa dan malah menguap

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s