Good Mourning?

Hidup kita sekarang ini bukan lagi disurga, sehingga kesulitan dan kesusahan kerap terjadi. Dengan itu terkadang kita merasa jadi "centre of the universe" --yang mana merasa diri paling malang sedunia aherat, merasa paling pantas mengeluh dan ngejudge bahwa orang lain ga paham apa yang kita rasakan--. Jika itu terjadi agaknya kita harus belajar berlapang dada …

Pelupa

  Jadilah hamba Allah yang kuat karena musuh kita Azazil Iblis sudah bersiap untuk jadi yang sangat kuat sejak Nabi Adam turun. Kalau melawan diri sendiri sudah selalu menangis dan lupa bersyukur, bagaimana bisa melawan hal diluar diri?

Memaksakan Pandangan

Dengan segala keterbatasan akal manusia yang waktu sekolah sering remed fisika dan pas TPB banyak matkul yang C ini (wkwk aku aja ini mah), maka sepatutnya kita juga sadar diri bahwa opini dan pendapat hasil buah perenungan akal kita tak selamanya benar. Meski kita berusaha melihat segala sisi dan mencari kedamaian, tapi tetap saja akal …

don’t avoid the thing that scares you.

Mungkin semua orang pernah ngerasain perasaan dan kecemasan bahwa kematian semakin mendekati dirinya. Misalnya waktu lagi sakit parah, kalau lagi gempa, hujan besar dan petir, atau saat insomnia di malam hari, saat mendengar pengumuman mesjid bahwa ada seorang tetangga yang diambilNya, atau juga saat lagi ngelamun kemudian pikiran-pikiran itu menyergap membuat kita ketakutan. Pernah ga …

Mahkota

Kalo sekarang ke kampus terus liat mahasiswa yang diklat diklat rasanya ikutan cape dan merasa kasian karena perjalanan mereka masih panjang wkwkwk...tapi tentu jaman dulu aku pernah ikutan semacem gitu tapi lupa apakah itu oskm, atau diklat terpusat, atau diklat divisi yang ingin aku tulis disini.. Saat itu kita ngelingker, terus di tanya sama si …

11.16 pm

Kata orang dan kata meme meme sih lebaran itu menyebalkan dalam hal kalo ditanya kapan lulus atau kapan nikah. Beruntung aku cuman ditanyain kapan lulus aja, mereka beranggapan kalo aku masih muda padahal kan emang. Kirain kalo ditanya kapan lulus rasanya bakal ngeselin seperti yang orang bilang. Tapi ternyata biasa aja ah hahahaha (naha ketawa). …

J-1: As Beauty As An Angel

Satu jam lagi Ramadhan akan meninggalkan kita, maka satu jam terakhir ini aku ingin menulis sesuatu. Ada sebuah ayat yang menarik untuk dicermati, bahwa makhluk sekelas malaikat pernah "iri" terhadap manusia. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di …

Puasa ga puasa

Wacana terbaru bulan ini "yg puasa hrs ngehormatin yg ga puasa" agaknya pernah aku setujui dalam 5 detik dihari aku lagi ga puasa disiang bolong dan lupa sarapan. Dalam 5 detik itu aku mikir, iya juga ya, kerasa banget susahnya makan waktu ga puasa. Tapi hal itu ternyata ga bener karena kebanyakan emang tempat makan …

Misunderstanding about Islam

Siang ini aku memiliki waktu luang dan memiliki internet, sehingga akupun membuka pinterest. Pertanyaan besar sejak pengumuman brexit yang terngiang di kepalaku hingga tadi siang adalah apa pengaruhnya terhadap erasmus mundus. Pertanyaan ini sampe kebawa mimpi. Meskipun hasil sedikit baca tadi kayaknya sih ga ngaruh2 amat (kecuali keuangan em nya ato apa lah ya) soalnya …

Careless: Masuk Neraka Karena Lalat

Terdapat kisah-kisah yang menunjukkan bahwa seorang muslim harus berhati-hati meski itu hanya dari niat. Saat perang Khandaq, Ali bin Abi Thalib sedang menghadapi Amr bin Abd Wahd. Amr terpojok dan mencoba memberontak, saat itu ia meludahi wajah Ali bin Abi Thalib. Bukannya segera "menuntaskan pekerjaan", Ali malah mundur dan tidak jadi membunuh Amr bin Abd …